Semarakkan 74 Tahun Indonesia Merdeka, Bersihkan Sampah di Kawasan SM Sermo

Jumat, 16 Agustus 2019

Yogyakarta 15 Agustus 2019, Balai KSDA Yogyakarta melaksanakan kegiatan bersih kawasan dengan mengambil lokasi blok pemanfaatan SM Sermo. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-74. Rangkaian kegiatan meliputi aksi bersih sampah dan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan.

Hadir pada aksi ini Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M.Wahyudi, S.P, M.Sc, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai KSDA Yogyakarta Untung Suripto, ST, MT dan 50 peserta yang berasal dari unsur Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api, Komunitas Jeep Kalibiru, Kelompok Tani Hutan, serta masyarakat sekitar kawasan.

Dalam arahan pembukaannya, Bapak M. Wahyudi mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli menjaga kelestarian lingkungan dengan bijak mengelola sampah dan tidak membuangnya ke kawasan. Selain itu Kepala Balai  juga mengingatkan masyarakat mengenai kebakaran hutan. “Musim kemarau ini hendaknya dibarengi dengan kewaspadaan terhadap terhadap ancaman kebakaran hutan. Perlu adanya antisipasi dan upaya penanganan dini di lapangan” tuturnya.

Kegiatan aksi bersih kawasan ini dilatarbelakangi adanya aktifitas pengunjung kawasan yang berdampak terhadap banyaknya sampah di kawasan. Dari hasil bersih sampah di kawasan ini, selanjutnya dilakukan pemilahan sampah plastik dan diperoleh sampah plastik sebanyak 38 karung dengan total berat 31 Kg, yang selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan sampah Kulonprogo. Melalui koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat setempat, diharapkan meningkatnya kesadaran untuk tidak membuang sampah ke kawasan.

 

Sumber : Kusmardiastuti (PEH Balai KSDA Yogyakarta)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini