Koordinasi, Salah Satu Upaya Penanganan dan Pencegahan Dini

Kamis, 15 Agustus 2019

Bontang, 14 Agustus 2019. Kepala Balai Taman Nasional TN Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan dan KSBTU Bapak Siswadi menerima kunjungan Kasubdit Polsus dan Satpam Dit. Binmas Polda Kaltim AKBP Minto Dinoto beserta jajarannya untuk melakukan kunjungan kerja dan koordinasi terkait karhutla yang terjadi di Kalimantan Timur(14/8).

Melalui koordinasi ini diharapkan terjalin kerjasama dan komunikasi antar instansi pemerintah, mengingat pengendalian karhutla tidak hanya menjadi tanggung jawab satu instansi saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

Pertemuan antara pihak POLRI dan UPT Balai Taman Nasional Kutai merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Karhutla di Istana Negara, dalam rapat tersebut Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo meminta kepada Kapolda, Pangdam, Danrem, Dandim, dan Kapolres untuk bekerja membantu Gubernur, Bupati / Walikota, berkolaborasi, bekerjasama dibantu pemerintah pusat untuk segera melakukan pemadaman selagi api kecil, cegah api sebelum membesar dan melakukan langkah - langkah pencegahan dalam penanganan kebakaran berupa patroli dan deteksi dini.

Pada bulan Agustus kejadian kebakaran hutan dan lahan di seluruh Indonesia, baik itu yang terpantau melalui milist sipongi dan melalui satelit LAPAN menunjukkan peningkatan jumlah yg signifikan berupa peningkatan jumlah sebaran titik panas (hotspot), terutama di wilayah pulau Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur.

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini