Tanam Nilai Konservasi kepada Generasi Muda di Kawasan Penyangga TN Matalawa

Senin, 12 Agustus 2019

Waingapu, 9 Agustus 2019. Berbagai macam cara dilakukan untuk mengenalkan pentingnya konservasi untuk kelestarian hutan. Edukasi kepada anak-anak usia dini menjadi target utama karena anak-anak merupakan generasi penerus yang akan mewarisi kawasan hutan di sekitar tempat tinggalnya. Hal inilah yang diterima oleh anak-anak Sekolah Dasar di Desa Manurara, desa penyangga di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa).

Dengan tajuk pendidikan lingkungan, Japan International Cooperation System (JICS), pelaksana kegiatan restorasi ekosistem di TN Matalawa, mengantarkan materi-materi yang menarik minat anak-anak. Mereka ditanamkan nilai-nilai konservasi dengan mengenalkan berbagai macam keanekaragaman hayati yang ada di dalam kawasan TN Matalawa. Anak-anak diberikan kesempatan berkreasi dengan menggambarkan segala macam jenis tumbuhan dan satwa yang mereka kenal yang hidup di dalam kawasan.

JICS menjadi mitra strategis TN Matalawa dalam pengenalan nilai-nilai konservasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan TN Matalawa. Lokasi restorasi yang letaknya berdekatan dengan pemukiman membuat mereka sering berinteraksi dengan para penduduk sehingga nilai-nilai konservasi dapat dihantarkan dalam percakapan ringan yang mudah diterima penduduk.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini