Masyarakat Mitra Polhut Serahkan ROY ke Balai TN Kayan Mentarang

Senin, 12 Agustus 2019

Malinau – 7 Agustus 2019. Balai Taman Nasional Kayan Mentarang menerima kedatangan Panus, 53 tahun, warga Desa Tau Lumbis Kec. Lumbis Kab. Nunukan yang juga merupakan Masyarakat Mitra Polhut Balai TN. Kayan Mentarang Resort Lumbis untuk menyerahkan 1 ekor satwa dilindungi jenis kukang (Nycticebus coucang). "Kukang ini datang begitu saja ke depan rumah saya pada malam hari, mungkin mencari makan dan melihat cahaya lampu, kemudian saya ambil dan setelah ada kesempatan turun ke Malinau saya bawa ke sini” tutur Panus. Olehnya, kukang tersebut sempat diberi nama “Roy”. Menyadari bahwa satwa tersebut dilindungi dan kondisinya terlihat lemah serta khawatir jika dilepaskan begitu saja di hutan maka Ia berinisiatif untuk menyerahkan terlebih dahulu ke Balai TN. Kayan Mentarang.

Kedatangan Pak Panus diterima langsung oleh Bambang Widiatmoko, S.Hut, M.Sc selaku Ka Sub Bag TU Balai TN. Kayan Mentarang dengan didampingi Petugas Polisi Kehutanan. “Kami mengapresiasi tindakan Pak Panus dengan kesadaran penuh menyerahkan satwa liar yang dilindungi, apalagi beliau adalah salah satu anggota Masyarakat Mitra Polhut Balai TN. Kayan Mentarang, semoga dapat mengedukasi masyarakat lainnya akan pentingnya menjaga kelestarian satwa liar terutama yang dilindungi” pungkas Bambang.

Seperti diketahui, Nycticebus spp. merupakan hewan yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor : P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi. IUCN telah memasukkan kukang dalam kategori Vulnerable (rentan), yang artinya memiliki peluang untuk punah. Tahun 2007, konvensi untuk perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar yakni CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of wild fauna and flora) juga meningkatkan status perdagangan dari daftar Appendix II menjadi Appendix I.

Selamat datang “Roy”, Semoga kamu cepat pulih dan bisa di release kembali ke habitatnya. Bravo Konservasi !

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini