Brigade Macaca Berhasil Padam Api Setelah Berjibaku Selama Lima Jam

Jumat, 09 Agustus 2019

Bantimurung, 9 Agustus 2019. Telah terjadi kebakaran hutan pada kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung pada Selasa (6/8/2019). Lokasi kebakaran hutan berada di Kampung Manggesara, Dusun Bonto Manai, Desa Laiyya, Cenrana, Maros. Berada pada zona rimba di wilayah kerja Resort Pattunuang.

Asap termonitor pada Selasa (6/8/2019) pukul 19.10 WITA, atas informasi yang disampaikan oleh salah satu personel MMP Resort Pattunuang. Estimasi luas lahan yang terkena dampak sekitar 1,9 Ha.

Tim Posko yang mendapatkan informasi tersebut kemudian menindaklanjuti dengan melakukan  upaya pemadaman dengan dibantu oleh masyarakat. Tim posko tiba dilokasi pada pukul 21.30 dan langsung melakukan pemadaman sampai dengan Rabu (7/8/2019) dinihari.

Pagi harinya, Rabu (7/8/2019) mulai pukul 09.10 Wita Manggala Agni Brigade Macaca  dan bersama masyarakat melakukan pemadaman lanjutan. Brigade Macaca menerjunkan kekuatan penuh: 29 orang, dengan peralatan: satu unit mobil slip on, sepuluh  jetshooter, peralatan tangan, dan mesin pompa. Melakukan pemadaman langsung di lokasi kejadian.  Api berhasil di padamkan oleh tim Brigade Macaca setelah mekukan penanganan selama lima jam.

Selanjutnya, dilakukan mop up untuk memastikan api telah padam total. “Kebakaran hutan yang terjadi di Manggersara kuat dugaan adalah akibat kelalaian manusia. Boleh jadi puntung rokok yag dibuang sembarangan menjadi penyebabnya. Lokasi yang terbakar terdapat jalan perlintasan menuju Kampung Manggesara,” ujar Surapil, Kepala Unit Manggala Agni Brigade Macaca Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung saat kami temui.

Sumber: Taufiq Ismail dan Muh. Ikhfar – Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini