Rimbawan Resort Nanga Hovat TaNa Bentarum Mengajar

Rabu, 17 Juli 2019

Nanga Hovat, 17 Juli 2019. Resort Nanga Hovat Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) gelar kegiatan rimbawan mengajar kepada siswa SDN 16 Nanga Hovat di Dusun Hovat. Dusun Hovat merupakan Dusun terujung dari salah satu Desa Penyangga yakni Desa Datah Diaan yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK). Kegiatan yang berlangsung di Aula Resort Nanga Hovat dihadiri siswa sebanyak 13 orang serta dibuka langsung oleh Pak Badrul Arifin, S. Hut., selaku Kepala Resort Nanga Hovat. "Bahwa penting pendidikan bagi anak-anak khsusunya siswa sekolah dasar, karena mereka lah harapan dan masa depan bangsa dan negara meskipun jauh di ujung batas negeri" imbuh Badrul Arifin.

Adapun Materi yang disampaikan meliputi teori dan praktik yakni belajar CaLisTung (membaca, menulis, berhitung,) dan belajar PBB (Peraturan Baris-Berbaris). Selama kegiatan berlangsung siswa mengikuti kegiatan Rimbawan mengajar dengan antusias dan penuh semangat karena di sela-sela materi diselipkan yel-yel tentang menjaga kelestarian hutan dan permainan anak-anak.

Bapak Narok, selaku Kepala Adat Dusun Hovat mendukung kegiatan Rimbawan mengajar ini. “Saya sangat mendukung sekali dengan kegiatan rimbawan mengajar yang telah dilaksanakan oleh Balai Besar Bentarum khususnya Resort Nanga Hovat, karena sudah lama sekali operasioal SDN 16 Nanga Hovat tidak berjalan lagi  karena tidak ada guru” ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi siswa baik belajar CaLisTung (membaca, menulis, menghitung) sendiri maupun memahami dalam menjaga kelestarian hutan serta dampak akibat kerusakan hutan dan meningkatkan rasa peduli bagi pegawai lingkup Resort Nanga Hovat kepada masyarakat di Desa Penyangga, Khususnya Masyarakat Dusun Hovat.

Bapak Nguli, selaku Kepala Dusun Hovat sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Saya sangat mengapresisasi kegiatan ini, karena kita tahu bahwa pendidikan itu sangat penting karena yang akan mengubah cara berpikir, karakter dan sikap itu melalui bidang pendidikan. Ujarnya. “Dan sejak dari dini lah anak-anak harus dibekali pendidikan demi keberlangsungan kehidupan yang lebih baik” tambahnya.

Kepala Balai Besar Ir. Arief Mahmud, M.Si.  menyampaikan bahwa kegiatan rimbawan mengajar ini merupakan bagian dari pengabdian ASN Balai Besar Bentarum kepada masyarakat yang berada di ujung batas negeri, dengan harapan kedepannya bisa dilaksanalan secara kontinyu  di setiap resort.

Sumber: Daud - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini