Antusias Para Milenial Di Acara Rimbang Baling Jungle Trek Road To HKAN 2019

Selasa, 16 Juli 2019

Riau - 16 Juli 2019, Rimbang Baling jungle trek road to HKAN 2019 telah berakhir. Dengan peserta sebanyak 195 orang atau 39 tim dan 27 partisipan, acara berlangsung sangat meriah. Antusias para peserta jelas terlihat di setiap kegiatan yang diselenggarakan. Sore hari pada saat mendirikan tenda sebagian anggota kelompok mengikuti pelatihan membangun narasi visual " Rimbang Baling Bercerita." Malamnya, mereka berkumpul untuk melakukan dialog interaktif dengan tema Milenial loves nature. Namun sebelum acara dialog panitia mengumpulkan para milenial dengan menonton 2 film pendek yaitu Festival  Lubuk Larangan dan Pentingnya Sungai untuk Kehidupan. Dilanjutkan pentas seni baik nyanyian, tarian dan puisi konservasi  dengan tata panggung yang menarik.

Minggu pagi, 14 Juli 2019, Kepala Balai Besar KSDA Riau melepas para peserta di lapangan Desa Tanjung Belit untuk menuju piau atau perahu bermesin yang akan membawa mereka menuju star trek mereka yaitu Desa Muara Bio dan berakhir kembali di Desa Tanjung Belit. Jarak kedua desa tersebut sekitar 9 km.

Akhirnya SMK Kehutanan Pekanbaru berhasil menjadi juara pertama setelah melewati 4 titik trek, dimana disetiap titiknya mereka diuji dengan berbagai pertanyaan pendek dari para juri. Kekompakan teamwork, edukasi konservasi dan kearifan lokal menjadi unggulan mereka. Seuntai gelang akar dibuat team sepanjang jalur perjalanan di Rimbang Baling. Tim tersebut berhak meraih tropi Bupati Kampar, uang tunai Rp. 3.000.000,- plus perjalanan dan uang saku ke acara puncak  HKAN 2019 di TWA Muka Kuning Batam dari tanggal 5 sd 8 Agustus 2019. Sedangkan bagi setiap peserta mendapatkan medali finish serta sertifikat Rimbang Baling Jungle Trek.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah mengenalkan konservasi secara langsung kepada generasi milenial dengan cara yang menyenangkan sekaligus menyampaikan kepada pihak luar untuk mengetahui bahwa di Prov. Riau terdapat hutan yang masih alami dan dapat dijadikan tempat edukasi konservasi.

Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka road to HKAN 2019, dimana kebetulan Balai Besar KSDA Riau ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara tingkat nasional tersebut.

Kegiatan lain yang diselenggarakan Balai Besar KSDA Riau dalam rangka HKAN 2019 diantaranya Wanabakti Batam Green Warrior, Visit to School, Lomba Melukis dan Mewarnai Kaleng dan Botol Bekas menjadi pot bunga, Kampanye Konservasi dan masih banyak lagi...semua bertema Milenial loves Nature.

Jungle Trek Rimbang Baling saat ini memang telah berakhir, namun gaung konservasi dari kegiatan tersebut diharapkan akan selalu mengisi jiwa generasi milenial bumi lancang kuning tercinta untuk kelestarian rimba raya.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini