Balai KSDA NTB Amankan 10 ekor Jalak Bali di Pelabuhan Lembar

Senin, 15 Juli 2019

Mataram, 9 Juli 2019. Balai KSDA NTB melalui petugas Pos Pelabuhan Lembar yang berkoordinasi dengan Personil Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar beserta  BKO TNI Lanal Mataram melakukan pengamanan terhadap bus yang baru tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat pada hari Selasa.

Setibanya Bis TM di areal Kedatangan Pelabuhan Lembar, Bis langsung diberhentikan dan Pemeriksaan bagasi bus segera dilakukan. Para Petugas berhasil menemukan satwa yang dikemas dalam 3 Kardus dan 1 Sangkar besar.



Petugas meminta supir menunjukkan SATS-DN sebagai dokumen bukti sah pengangkutan Satwa yang diterbitkan oleh BKSDA setempat dimana satwa berangkat, terlebih satwa yang dibawa salah satunya merupakan Burung Jalak Bali yang termasuk dalam Satwa Dilindungi UU. Namun, Lantaran Si Supir Bis tidak bisa menunjukkan dokumen yang dimaksud kepada petugas, Pengamanan pun langsung dilakukan. Supir juga mengaku bahwa satwa berangkat dari daerah Sidoarjo, Jawa Timur dengan tujuan Lombok.

Satwa yang telah diamankan antara lain :
1. Burung Jalak Bali (Dilindungi) sebanyak 10 ekor.
2. Burung Wambi Cina 3 ekor.
3. Burung Poksai Hongkong 1 ekor.
4. Burung Lovebird 7 ekor.

Satwa hasil pengamanan langsung dibawa menuju kantor BKSDA NTB di Mataram untuk penyelidikan lebih lanjut serta rencana titip-rawat di Lembaga Konservasi "Elephan Sanctuary" di Tanjung Lombok Utara.

 

Sumber: Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini