Terungkapnya Keberadaan Macan Dahan di SM Isau-Isau

Minggu, 14 Juli 2019

Lahat,12 Juli 2019. Program Kamera Trap  (The Sumatra Camera Trap Project) yang dilakukan oleh Pungky Nanda Pratama (Kader Konservasi BKSDA Sumatera Selatan) berhasil mengungkap keberadaan salah satu jenis kucing besar yang sangat sulit dijumpai keberadaanya yaitu Macan Dahan (Neofelis diardii) di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Isau-Isau.

Penemuan Macan Dahan merupakan hal yang sangat menggembirakan karena kawasan SM Isau-Isau sampai dengan saat ini belum teridentifikasi sebagai salah satu habitat Macan Dahan. Kondisi yang menunjukan bahwa keseimbangan ekosistem SM Isau-Isau masih terjaga karena terdapat puncak predator untuk menyeimbangkan populasi binatang lainya sehingga keberadaan kawasan konservasi yang berada dalam wilayah pengelolaan Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat BKSDA Sumatera Selatan tersebut sangat penting untuk kehidupan satwa langka ini.

Macan Dahan merupakan species yang keberadaanya mengkawatirkan akibat hilangnya habitat dan perburuan. Terhitung terdapat sekitar 1600 - 2000 individu di seluruh dunia dan kemungkinan hanya tinggal beberapa ratus ekor hidup di seluruh Pulau Sumatera. Sudah semestinya kita menjaga binatang ini dari kepunahan!

Sumber : Pungky Nanda Pratama - Kader Konservasi Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini