Pengamatan Penyu Langsung di Pantai Sukamade

Rabu, 03 Juli 2019

Banyuwangi, 3 Juli 2019. Kepala Balai dan jajaran struktural Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) melakukan kunjungan ke Resort Sukamade Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Sarongan bersama Inspektur Wilayah II pada tanggal 1-2 Juli. Kunjungan ini dihadiri juga oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Alas Purwo beserta jajarannya. 

Sebelumnya, Inspektur Wilayah II melakukan pembinaan pengelolaan keuangan, PBJ, dan teknis pengelolaan taman nasional di Aula Balai TN Meru Betiri yang dihadiri Kepala Balai TN MerBeti, Kepala Balai TN Alas Purwo, Kepala Balai TN Baluran, BPDASHL Brantas-Sampean dan jajarannya. Pada siang harinya, rombongan bertolak ke Sukamade yang disambut langsung Kepala SPTN Wilayah I Sarongan dan semua personil Resort Sukamade. Dilanjutkan dengan acara ramah-tamah, perkenalan, diskusi dan pengarahan terkait pengelolaan konservasi penyu.

Tak hanya diskusi, Inspektur Wilayah II dan rombongan melakukan pengamatan penyu langsung di Pantai Sukamade, mulai dari proses penyu bertelur, evakuasi telur,  dan penandaan penyu menggunakan tagging. Bahkan, Bapak Inspektur juga terjun langsung dalam penanaman telur penyu di bak penetasan semi alami. Pada pagi harinya rombongan melakukan atraksi pelepasliaran anak penyu (tukik) di Pantai Sukamade.

“Pekerjaan kita dalam upaya penyelamatan satwa penyu ini merupakan pekerjaan yang berat sehingga dibutuhkan kerja keras, cerdas dan ikhlas. Pekerjaan kita semua sebagai pejuang konservasi ini merupakan tugas yang mulia sehingga merupakan ladang amal ibadah bagi kita semua. Jaga selalu kekompakan dan persaudaraan serta jangan lupa untuk senantiasa menjalankan kewajiban yang paling utama yaitu ibadah kepada Sang Pencipta yang itu akan menjadikan kita sebagai manusia seutuhnya yang bekerja untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.” Pesan Ir. Sumarto, M.M selaku Inspektur Wilayah II.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini