Pelantikan Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu

Senin, 01 Juli 2019

Mataso, 28 Juni 2019. Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Melantik Pengurus Dewan Saka Ranting Embaloh Hulu Masa Bakti 2019 – 2021. Pelantikan dilakukan oleh Pamong Satuan Karya Wanabakti Gerakan Pramuka Cabang Kapuas Hulu ( kak Mustar) yang dilaksanakan  di aula Kantor Bidang PTN Wilayah 1 Mataso dengan  melibatkan peserta Saka wanabakti Embaloh Hulu dan Saka Wanabakti Cabang Putussibau sebanyak 60 orang.

Pelantikan Dewan Saka merupakan bagian dari organisasi dalam Satuan Karya Gerakan Pramuka yang beranggotakan ketua dan wakil ketua krida memiliki tugas merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan saka Wanabakti  di pangkalan Ranting Embaloh Hulu. Fungsi dari Dewan Saka yaitu membina dan mengembangkan sumber daya kaum muda melalui kepramukaan agar menjadi warga negara yang berkualitas dan mampu memberikan sumbangan yang positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik lokal, nasional, maupun internasional. Tujuan pembentukan Saka ini adalah sebagai wadah pendidikan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengembangkan bakat minat, pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengelaman dalam bidang kejuruan tertentu dan untuk meningkatkan motivasi karya nyata yang produktif sehingga dapat memberikan bekal bagi kehidupan anggota Saka dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara dalam menunjang pembangunan Nasional.

Pamong Saka Wanabakti Cabang kapuas Hulu, Kak Mustar dalam amanatnya menyampaikan kepeda Dewan Saka yang baru dilantik untuk selalu bekerja sesuai dengan Fungsi pokok Saka Wanabakti yaitu sebagai, Wadah pembinaan dan pengembangan pengetahuan dan keterampilan di bidang kehutanan yang diimplementasikan dalam kegiatan nyata yang produktif sebagai bakti kepada masyarakat.

Pengurus Dewan Saka yang baru dilantuk diharapkan dapat menggerakan semua anggota Saka Wanabakti untuk dapat meningkatkan kreatifitas serta berjiwa pancasila dalam mengisi kehidupan sehari-hari dengan menjaga tali persaudaraan, kesatuan dan persatuan, serta menanamkan rasa cinta pada seni budaya daerah.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini