Usaha Pengenalan Burung Oleh Petugas PEH di Resort Bone Bolango SPTN Wilayah I Limboto

Senin, 01 Juli 2019

Kotamobagu, 30 Juni 2019. Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sebagai salah satu Kawasan Pelestarian Alam yang merupakan bagian dari kawasan Wallacea adalah daratan yang memiliki potensi keanekaragaman hayati cukup tinggi, salah satunya yakni potensi jenis-jenis satwa burung.

Potensi sumberdaya alam Taman Nasional Bogani Nani Wartabone  ini memiliki prospek yang memadai untuk dijadikan lokasi tujuan wisata alam. Hal ini ditunjang dengan potensi satwa liarnya, diantaranya yaitu keberadaan jenis burung endemik Sulawesi yang dapat dengan mudah dijumpai Macrocephalon maleo. Selain itu terdapat juga beberapa jenis yang juga mudah untuk dijumpai seperti sikatan leher merah, kadalan sulawesi, raja udang, walik kembang, bilbong fendeta, dan burung penghisap madu yang merupakan hasil kegiatan identifikasi pengenalan burung yang dilakukan oleh Andy Hari Waskitho, S.Hut yang sehari - hari bertugas sebagai Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) di Resort Bone Bolango SPTN Wilayah I Limboto. Menurut Andy “ Pengenalan Burung terhadap anak – anak lebih mudah dilakukan karena mereka bisa melakukannya sambil bermain di alam. ”

Keragaman jenis burung yang berhasil teramati, menunjukkan potensi kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang sangat belimpah dan beragam. Potensi ini jika dapat dikelola dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal sebagai pelaku wisata maka akan mengurangi ancaman langsung terhadap kelestarian kehidupan flora dan fauna yang ada di wilayah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Peningkatan kapasitas Polisi Hutan dan Pengendali Ekosistem Hutan dalam hal pengetahuan jenis satwa liar terus menerus dilakukan SECARA MANDIRI oleh para petugas lapangan agar nantinya dapat mendukung mereka dalam menjalankan tugasnya serta dapat memberikan informasi yang jelas terkait potensi flora dan fauna yang ada diwilayah kerjanya.

Selain itu, Pelatihan bagi kelompok masyarakat pemandu wisata lokal juga dapat   dilakukan, khususnya untuk pengenalan dan pengamatan burung, karena hal ini akan memberikan nilai tambah serta motivasi bagi penduduk lokal untuk berlomba-lomba menjaga potensi sumber daya alam yang ada diwilayah mereka, khususnya kehidupan flora dan faunanya, dimana hal ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Sumber: Kusmayanti, S.Hut (KSBTU) - Balai TN Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini