In House Training Penerapan SMART RBM di TN Kutai

Jumat, 28 Juni 2019

Bontang, 27 Juni 2019. Balai TN Kutai melaksanakan kegiatan In House Training Penerapan Smart RBM TN Kutai. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Balai TN Kutai dengan PT. Pertamina EP yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 26 – 27 Juni 2019 di ruang rapat Balai TN Kutai. Kegiatan dibuka oleh Kepala Balai TN Kutai Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut., M.Sc.. Beliau menyampaikan bahwa kunci keberhasilan Resort Base Manajemen (RBM) adalah

  1. kehadiran petugas di lapangan;
  2. pengumpulan data lapangan;
  3. ketersediaan manajemen sistem informasi yang mendukung;
  4. distribusi sumber daya ke resort;
  5. pembagian tugas dan acuan yang jelas.

Beliau berharap agar pelatihan ini diikuti dengan baik dan setelahnya peserta agar mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan yang dipandu oleh 3 orang narasumber dari Direktorat Kawasan Konservasi ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural Balai TN Kutai, pejabat fungsional Polhut, PEH dan Penyuluh Balai TN Kutai serta dari BKSDA Kalimantan Timur. Pada hari pertama,peserta diberikan materi pengenalan aplikasi di kelas dan juga praktek lapangan sebagai latihan untuk pengambilan data di lapangan.s Data-data yang diperoleh dari lapangan kemudian dinput kedalam aplikasi SMART RBM. Pada hari kedua, peserta yang mengikuti kegiatan lebih difokuskan kepada admin yang akan bertugas di setiap resort, di masing-masing SPTN wilayah dan di kantor Balai.  

Semoga dengan adanya kegiatan ini, pengelolaan sistem manajemen informasi di TN Kutai semakin baik dan manfaat aplikasi SMART RBM seperti kondisi kawasan terjaga, data tersedia (memadai dan valid), intensitas pengelolaan meningkat, eksistensi kawasan konservasi diakui masyarakat serta kondisi sosekbud masyarakat terkenali dapat tercapai di TN Kutai.

Sumber: Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini