Owa Ketapang Melangkah Pulang

Rabu, 26 Juni 2019

Ketapang, 21 Juni 2019. Satwa Owa/Klempiau (Hylobates agiilis) kembali diserahkan oleh masyarakat desa Tumbang Titi Kecamatan Marau ke Balai KSDA Kalimantan Barat. Melalui call center BKSDA-Kalbar, Susandri melaporkan akan menyerahkan satwa tersebut untuk di kembalikan ke habitatnya.

Susandri, sehari-hari adalah seorang pekerja swasta biasa. Dia mendapatkan satwa tersebut dari seseorang yang menjualnya setahun yang lalu. " Toto ", adalah nama yang ia berikan untuk owa betina berumur kurang lebih 2 tahun tersebut.

Berkat sosialisai yang terus menerus dari BKSDA-Kalbar Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang selama ini, akhirnya ia menyadari dimana tempat hidup yang layak untuk satwa peliharaannya itu. Bukan sekedar kandang mewah dan menjadi artis tontonan lucu buat manusia yang Owa butuhkan. Tetapi, kebebasan hidup dan berkembang biaklah yang menjadi harapannya.

Tanggal 21 Juni 2019 merupakan keputusan yang tepat bagi Susandri untuk menyerahkan Owa tersebut ke BKSDA. Bekerjasama dengan Yayasan IAR, sekarang Toto sedang menjalani pemeriksaan kesehatan. Hari-hari selanjutnya ia akan melangkah menuju ke kehidupan aslinya.

Semoga kita semua semakin sadar bahwa layaknya hidup satwa bukan di rumah kita. Akan teapi dirumah nya sendiri, yaitu di hutan belantara.

Bravo Konservasi!

Sumber: Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini