TN Betung Kerihun Dan TN Danau Sentarum Di Nominasikan Menjadi Asean Heritage Park

Senin, 17 April 2017

17 April 2017. Salah satu hasil pertemuan Pertemuan ASEAN Working Group on Nature Conservation and Biodiversity (AWGNCB) ke 27 pada tanggal 14-15 Maret 2017 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam adalah disepakatinya Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Taman Nasional Wakatobi sebagai ASEAN Heritage Park (AHP).  Pertemuan juga membahas untuk menominasikan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) dan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) untuk menjadi AHP.  Sampai saat ini Indonesia telah  memiliki 6 kawasan konservasi yang ditetapkan sebagai AHP yaitu ; Taman Nasional Gunung Leuser, TN Kerinci Seblat, TN Lorentz, TN Way Kambas, TN Kepulauan Seribu, dan TN Wakatobi.   

ASEAN Heritage Park didefenisikan sebagai kawasan dilindungi yang penting dengan nilai konservasi yang tinggi yang menggambarkan spectrum lengkap keterwakilan ekosistem di kawasan negara-negara ASEAN.

Sebagaimana kriteria yang telah ditetapkan oleh Asean Center For Biodiversity (ACB) selaku sekretariat AHP, kawasan TNBK dan TNDS memenuhi beberapa kriteria antara lain ; kelengkapan ekologis, keterwakilan berbagai variasi ekosistem, kealamian, nilai konservasi tinggi, merupakan habitat bagi flora fauna yang terancam punah, memiliki keunikan serta berada di wilayah lintas batas.

Nominasi TN Betung Kerihun dan TN Danau Sentarum sebagai AHP dimaksudkan untuk lebih meningkatkan penyadartahuan, kebanggaan, apresiasi dan upaya konservasi terhadap kekayaan warisan alam yang terdapat di dalam kawasan TNBK dan TNDS serta untuk meningkatkan kolaborasi pengelolaan kawasan TNBK dan TNDS pada level ASEAN.

Saat ini pihak Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) telah menindaklanjuti proses nominasi dengan menyusun proposal nominasi.  Selanjutnya Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati selaku Focal Point pengelolaan kawasan AHP di Indonesia bersama dengan Direktorat Kawasan Konservasi, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan menindaklanjuti dengan menyempurnakan proposal untuk selanjutnya disampaikan ke ACB selaku sekretariat AHP. @AM.

Sumber Info : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini