SRAK Harimau Sumatera, Demi Menyelamatkan Si Raja Hutan Di Masa Depan

Jumat, 10 Mei 2019

Jambi, 2-3 Mei 2019. Pemerintah Daerah Provinsi Jambi bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Direktorat KKH dan BKSDA Jambi) dan Mitra Konservasi (ZSL, Harimau Kita, Fauna & Flora Internasional, SINTAS Indonesia, WCS, WWF, SumatranTiger, GEF, dan UNDP) turut juga berpartisipasi didalamnya yaitu Dinas Kehutanan, Perguruan Tinggi, LSM dari Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampungmelakukan kegiatan SRAK (Strategi Rencana Aksi Konservasi) Harimau Sumatera 2019-2029 bertempat di Hotel BW Luxury Kota Jambi. Kegiatan SRAK Harimau Sumatera membahas rencana konservasi yang akan dilakukan kedepan terhadap satwa Harimau Sumatera.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (Drh. Indra Exploitasia) beliau memberikan apresiasi tinggi terhadap berlangsungnya kegiatan tersebut. Beliau mengungkapkan, “Pemerintah memberikan perhatian penuh terhadap konservasi spesies endemik Indonesia. Karena itu, KLHK yang memiliki kewenangan terhadap perlindungan satwa liar akan terus berkoordinasi dengan sektor dan mitra terkait. Mengingat habitat dan jalur jelajah satwa tersebut tidak hanya berada di dalam kawasan konservasi namun juga berada di kawasan lain yang menjadi wewenang pemerintah daerah maupun swasta. Oleh karena itu, dalam upaya konservasi Harimau Sumatera dan satwa lain nya kami akan bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk terus mendorong perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati.”

Kegiatan berlangsung selama 2 hari dimana pada hari pertama terdapat pemaparan materi oleh para narasumber yang hadir dan para peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk mendiskusikan masalah-masalah yang ada, lalu pada hari kedua setiap kelompok menjabarkan hasil diskusi mereka terkait masalah konservasi dan rencana-rencana yang akan diimplementasikan kedepannya terkait konservasi Harimau Sumatera. Kepala Balai KSDA Jambi Rahmad Saleh menyatakan, “Alhamdulillah kegiatan SRAK Harimau Sumatera dapat dilaksanakan dengan menghadirkan berbagai pihak dan pemangku kepentingan, sehingga diharapkan kedepannya semoga apa yang direncanakan didalam SRAK Harimau Sumatera ini dapat diimplementasikan dengan baik demi kelangsungan hidup Harimau Sumatera di alam liar.”

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini