Usai PKTBT, 17 Calon ASN Balai Besar KSDA Papua Siap Mengabdi untuk Papua

Kamis, 09 Mei 2019

Jayapura, 8 Mei 2019. Balai Besar KSDA Papua telah menuntaskan pelaksanaan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) selama 20 hari, sejak 4 April sampai 8 Mei 2019. PKTBT bertempat di Ruang Rapat Balai Besar KSDA Papua. Adapun sasarannya adalah semua calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Besar KSDA Papua yang berjumlah 17 orang.

Pelaksanaan PKTBT didasarkan, salah satunya, pada Surat Keputusan Kepala Pusat Diklat SDM LHK Nomor: SK.61/Dik/PEPE/Dik-2/3/2019 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pelatihan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019.

Materi PKTBT meliputi dua teknis, yaitu administratif dan substantif. Dalam hal teknis administratif, para calon ASN mendapatkan wawasan tentang pengelolaan kepegawaian, tata naskah kedinasan, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Sementara dalam hal teknis substantif, para calon ASN tersebut menerima wawasan tugas dan fungsi organisasi serta tugas dan fungsi jabatan. Para pemateri merupakan pejabat-pejabat di Balai Besar KSDA Papua, baik struktural maupun fungsional.

Salah satu peserta PKTBT, Novita Dewi Anggraini, menyatakan, “Menurut saya, PKTBT ini sudah berlangsung cukup baik. Para peserta dapat memahami berbagai tugas dan fungsi administratif maupun substantive atau per bidang.” Novita menyarankan, pelaksanaan PKTBT ke depan sebaiknya terdapat materi yang disusun oleh pusdiklat, sehingga materi-materi tersebut terstruktur secara lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si., menyampaikan apresiasi kepada semua calon ASN yang telah menyelesaikan rangkaian PKTBT selama 20 hari. “Saya melihat semangat dan antusiasme yang luar biasa dari teman-teman calon ASN ini. Semoga akan membawa dampak yang baik ke depan. Mereka berada di Balai Besar KSDA Papua atas pilihan dan keputusan yang diambil sendiri secara sadar. Saya harapkan ini dapat melahirkan komitmen yang besar dari mereka untuk melaksanakan semua tugas dan pengabdian di Papua.”

 

 

Sumber : Balai Besar KSDA Papua

Call Center : 0823-9802-9978

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini