Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Bahas Illegal Fishing Dan Illegal Loging

Jumat, 03 Mei 2019

Ampana, 3 Mei 2019. Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) beserta Bupati Tojo Una-una menyelenggarakan rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), di ruang rapat kantor Bupati Tojo Una-Una (3/5). Rapat dibuka dan dipimpin oleh Bupati Tojo Una-Una yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat SETDAKAB Tojo Una-Una serta dihadiri oleh FORKOPIMDA bersama stakeholder lainya.

Ir. Bustang (Kepala Balai TNKT) dalam paparanya menjelaskan mengenai permasalaahan dalam penanganan kawasan TNKT yang berkaitan dengan Illegal Fishing dan Illegal Loging. Kegiatan illegal tersebut sudah berjalan dari tahun ke tahun. Kegiatan penanganan sudah dilakukan oleh pihak TNKT dengan melaksanakan patroli rutin baik yang bersifat represif non yustisi, preemtif maupun persuasif, tetapi kesadaran atau efek jera dari kegiatan perusakan alam belum di miliki oleh oknum masyarakat sekitar atau pelaku perusakan alam sehingga kegiatan Illegal Fishing dan Illegal Loging di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean masih ada. Hal ini yang mendorong di bentuknya rapat FORKOPIMDA mengenai illegal fishing dan illegal loging.

Kegiatan yang telah dilaksanakan menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1. Pembentukan Satuan tugas guna melakukan pengawasan dan edukasi kepada masyarakat; 2. Melakukan tindakan penegakan hukum secara kongkrit terhadap oknum masyarakat yang melakukan tindakan illegal loging dan illegal fishing; 3. Mencari solusi dan kontribusi semua pihak dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat sekitar tidak melakukan perusakan alam; 4. Memaksimalkan tugas dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah terkait guna penanggulangan illegal fishing dan illegal loging; 5. Menyamakan persepsi dan kerjasama pihak Balai TNKT dan stakeholder, terkait penanggulangan Illegal Fishing dan Illegal Loging. Adanya penguatan anggaran dan tahapan penanganan guna mendukung kegiatan penanggulangan illegal fishing dan illegal loging baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan kawasan.

Sumber : Arsyad Nurrahman S.Hut - Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini