Tim Rescue SKW I BKSDA Sulawesi Tenggara Evakuasi Buaya Muara di Desa Lawele , Lasalimu - Buton

Kamis, 02 Mei 2019

Kendari, 2 Mei 2019. Tim Rescue Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai KSDA Sulawesi Tenggara evakuasi buaya Muara (Crocodylus porosus) hasil konflik satwa dengan manusia di Desa Lawele Kecamatan Lasalimu Kabupten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebelumnya Tim Rescue SKW I BKSDA Sulawesi Tenggara mendapatkan laporan dari anggota polri yang bertugas di pos polisi Lawele tentang adanya buaya muara yang terjerat jaring masyarakat disekitar pinggir sungai/muara Lawele.

Tim selanjutnya menuju ke lokasi tempat kejadian untuk melakukan upaya evakuasi. Setibanya di lokasi, tim mendapatkan informasi bahwa buaya muara tersebut terjerat jaring warga pada hari senin tanggal 29 April 2019 jam 12.00 WIB dengan panjang 290 cm dan lebar 40 cm berjenis kelamin betina. Kemudian tim melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait (pihak Kepolisian, aparat desa dan masyarakat sekitar) dalam upaya penanganan konflik ini.

Buaya muara tersebut rencananya akan di lepasliarkan kembali ke sungai yang tidak jauh dari lokasi kejadian,  namun banyak warga masyarakat tidak menyetujui untuk dilepasliarkan di sungai tersebut karena khawatir buaya muara akan muncul kembali dan mengancam keselamatan warga. Tim kemudian melaporkan hasil koordinasi kepada Kepala SKW I dan akhirnya diputuskan buaya muara tersebut di evakuasi menuju Kendari menggunakan mobil selanjutnya dititip rawatkan di penangkaran buaya di Kelurahan Lapulu Kota Kendari.

Selain melakukan evakuasi, tim memberikan informasi tentang habitat buaya yang semakin berkurang bahkan sudah rusak akibat dari ulah tangan manusia seperti pembalakan liar didaerah sungai atau muara sehingga mengganggu buaya-buaya yang hidup di sekitarnya. Tim juga mengajak masyarakat untuk menjaga habitat buaya karena buaya merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999. Jika kita tidak mengganggu habitat buaya pasti buaya pun tidak akan mengganggu kita.

Sumber : Balai KSDA Sulawesi Tenggara  

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini