Langka, Penyu Bertelur Siang Hari

Senin, 01 April 2019

Banyuwangi, 24 maret 2019. Minggu pagi, moment langka ini terjadi. Peristiwa ini disaksikan juga oleh 2 (dua) WNA dari Perancis yang sedang berkunjung. Penyu Kesiangan Bertelur. Biasanya penyu bertelur pada malam hari, ini menjadi salah satu atraksi wisata yang bisa kita nikmati di Pantai Sukamade, Banyuwangi, di bawah pengelolaan Unit Konsevasi Penyu (UKP), Resort Sukamade, SPTN Wilayah I Sarongan, TN Meru Betiri (MerBeti).

Moment ini dijumpai saat sebagian anggota Resort Sukamade melakukan patroli di Pantai pada pukul 06.15 WIB. Penyu mendarat ke Pantai, menggali sarang dan bertelur. Kemudian menutup sarang telurnya dan kembali ke laut. Dari sarang itu petugas berhasil mengamankan 94 butir telur penyu. Telur ini kemudian dipindahkan ke bak penetasan di UKP, tempat konservasi penyu semi alami TN MerBeti. Telur segera diamankan dari predator alam yang mengintai, seperti biawak, babi hutan dan lainnya serta pencurian telur oleh manusia secara illegal.

Menanggapi moment langka ini, Eko Setyo Budi, S.H. Kepala SPTNW I Sarongan berpesan kepada petugas Resort Sukamade untuk meningkatkan giat patroli dan meningkatkan kewaspadaan agar konservasi penyu berjalan baik, telur penyu aman dari pencurian dan kondisi aman terkendali.

 

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini