Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN 2019) di Kepulauan Selayar

Senin, 04 Maret 2019

Kampung Penyu - Kepulauan Selayar, 04 Maret 2019. HPSN sendiri merupakan momentum yang sangat berharga dalam membangun kesadaran untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang sangat pelik dan kompleks. HPSN menjadi sangat strategis diperingati setiap tahun oleh semua elemen bangsa di seluruh tanah air. Momentum HPSN untuk Gerakan Indonesia Bersih, menjadi sangat penting untuk: (1) memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih, pada kebijakan sektor dan kebijakan daerah. (2) mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian Gerakan Indonesia Bersih. (3) mensinergikan kebijakan sektor dalam upaya-upaya pengelolaan sampah, melalui peningkatan sarana dan parasarana dan dalam mendorong partisipasi publik mendorong fasilitasi pemerintah daerah kepada kegiatan, gerakan dan dinamika masyarakat. (4) membangun usaha bersama dan kolaborasi untuk efektifitas terwujudnya perilaku bersih dan sehat.

  

Dilaksanakan secara serentak di seluruh kawasan konservasi di Indonesia, hari ini sebanyak 74 titik setelah sebelumnya telah dilaksanakan pada tgl 21 Februari 2019 di 18 titik dengan total aksi hari ini 92 titik aksi.

Di Kabupaten Kepulauan Selayar sendiri, Bertempat di Kampung Penyu Dusun Tulang Desa Barugaia Kec. Bontomanai Kab. Kepulauan Selayar (Senin, 4 Maret 2019) dilaksanakan kegiatan Bersih Pantai dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

  

Sebelum dilakukan aksi bersih sampah, terlebih dilaksanakan Apel Kesiapan Peserta yg dipimpin langsung oleh H. Basli Ali Bupati Kepuluan Selayar sekaligus membacakan Sambutan Menteri LHK. "Seluruh elemen agar peduli dengan sampah, bukan hanya seremonial saja, bijakasana menghasilkan dan mengelola sampah", tambahnya. Setelah itu Bupati dan Kepala Balai melakukan pelepasan penyu jenis Sisik dan Hijau yang beberapa hari lalu terjerat jaring nelayan.

Di mulai pukul 07.00 hingga 10.00 wita kegiatan ini diikuti kurang lebih 400 org yang terdiri dari : seluruh ASN TN.TBR, Kodim dan Persit (dipimpin lgsg Dandim 1415 Selayar), Polres Selayar (Wakapokres), Dinas LHK Kab.Kep.Selayar, Dispar, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana, Kecamatan Bontomanai, desa Barugaia, Mitra TN.TBR, MMP, Komunitas, Saka Wanabakti, serta warga setempat.
bersih pantai ini dilakukan secara manual dibantu dgn alat berat.

  

"Balai TNTBR disini hanyalah inisiator saja namun kegiatan ini adalah kegiatan bersama karena tujuannya adalah menumbuhkan kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan", ucap Kepala Balai Faat Rudhianto.

Sampah yg terkumpul sebanyak 7 truk sampah, sekira 21 ton atau 21 m3, dan dipilah berdasarkan jenisnya, sebagian dibawa ke TPA dan Bank Sampah.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bupati Kepulauan Selayar, Dandim 1415 Kep. Selayar, Kapolres Kep. Selayar, instansi-instansi serta semua pihak yang turut berpartisipasi pada pagi ini",  ucap Faat Rudhianto Kepala Balai TN Taka Bonerate

 

Sumber : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini