Ijen Rijik Ciptakan Ijen Yang Bersih

Jumat, 01 Maret 2019

Banyuwangi, 1 Maret 2019. Program Ijen Rijik atau Ijen Bersih, berlangsung dengan lancar dan diikuti oleh tidak kurang 170 peserta, baik dari pihak BBKSDA Jatim maupun stakeholder. Program Jum’at bersih resmi dicanangkan di Taman Wisata Alam Kawah Ijen setiap hari Jum’at pekan pertama. Pada hari itu,Kawah Ijen-pun ditutup dari segala bentuk pariwisata.

Selain peserta umum yang mendaftar secara online, peserta yang langsung hadir antara lain dari Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi, Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi, Dinas Pariwisata Banyuwangi, Muspika Licin, dan Muspika Ijen. Selain itu juga tercatat dari Mapala UNTAG, Mapala Poliwangi, Banyuwangi Action Squad, FK3I, 851 Rescue, Komunitas Jeep Wisata, PT. Candi Ngrimbi, Pesona Tamansari, dan Penyedia Jasa Wisata Alam Kawah Ijen.

Dalam sambutannya pada apel pembukaan, Setyo Utomo, SH., M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan bersih-bersih ini selain kegiatan rutin bulanan juga dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2019 yang lalu.

Aksi bersih sampah hari ini dimulai dari Pondok Bunder sampai Paltuding. Setiap peserta disiapkan kantong plastik untuk mengambil sampah yang ada. Pihak penyelenggara menyiapkan kendaraan untuk mengangkut sampah dari peseta menuju paltuding tempat mobil pengangkut sampah berada.

Seluruh sampah dikumpulkan di Paltuding, yang kemudian diangkut dengan mobil pengangkut sampah ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) Bulusan, di Kalipuro, Banyuwangi.

Hambatannya waktu, karena hari jumat jadi peserta harus benar-benar ontime agar tidak terlambat karena mau jumatan. Target jam 7 untuk memulai apel, tapi banyak peserta terlambat dan selesai pada jam 10.30.

Harapan kepada pengunjung untuk tidak buang sampah sembarangan.

 

Sumber: BBKSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini