Kemunculan Harimau Sumatera di Desa Tanah Datar

Jumat, 01 Maret 2019

Pekanbaru, 25 Februari 2019. Pengecekan Penampakan Satwa Liar yang dilindungi Undang-undang berupa Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae).

Pada pukul 10.30 WIB, 26 Februari 2019, Anggota Resort Pekan Heran mendapat informasi dari Camat Rengat Barat adanya perjumpaan warga Desa Tanah Datar, Kec. Rengat Barat, Kab. Inhu dengan satwa yg diduga Harimau Sumatera ( HS) di kebun karet pada hari Senin.

Tim Rescue Bidang KSDA Wilayah I Rengat, langsung diperintahkan untuk berangkat ke lokasi oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau melalui Kasi Wil I Pkl. Kerinci. Tim turun ke lokasi bersama Camat Rengat Barat, Kades Tanah Datar, Babinkamtibmas Polsek Rengat Barat serta masyarakat. Dari hasil pengecekan di lokasi Tim mendapat keterangan  dari warga bernama Warsan yang berjumpa langsung dengan satwa HS tersebut pada jam 10.00 wib pada hari Senin tanggal 25 Februari 2019, Warsan melihat 2 ekor anak HS yang sedang bermain di kebun karetnya, kemudian Warsan mencoba mendekati 2 ekor anak HS dg jarak +/- 20 meter, ketika warsan akan mendekati anak HS tersebut muncul 1 ekor induk HS dari dalam semak, Warsan langsung lari dan menghindar dari satwa HS tersebut dan melaporkan  kepada Kades Tanah Datar.

Di lokasi Tim menemukan bekas semak/rumput yg rebah tempat 2 ekor anak HS dan 1 ekor induknya. Selanjutnya Tim melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati bila melakukan aktivitas di dalam kebun karet terutama pada pagi dan sore hari, Tim juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak memasang jerat dan tidak melakukan tindakan yg melanggar hukum, karena satwa HS tersebut dilindungi Undang Undang.

Tim akan bekerjasama dengan aparat setempat untuk melakukan pemantauan dan Tim telah memasang Camera Trap sebanyak 4 unit. 2 unit di desa Tanah Datar dan 2 unit di desa Sungai Baung. Hal ini dikarenakan sudah ada beberapa warga yg melihat sebelumnya keberadaan dan kemunculan satwa HS tersebut sekitar 2 minggu yg lalu di desa Sungai Baung yang berbatasan dengan desa Tanah Datar, Kec. Rengat Barat, Kab. Inhu.

   

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini