BKSDA Kalsel Tingkatkan Peran Serta Para Pihak Melalui PKS

Kamis, 28 Februari 2019

Banjarbaru, 27 Februari 2019 – Sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian LHK di Provinsi Kalimantan Selatan, Balai KSDA Kalimantan Selatan mempunyai tugas mengelola Kawasan Konservasi baik berupa Cagar Alam (CA), Suaka Margasatwa (SM), maupun Taman Wisata Alam (TWA). Dalam pelaksanaan tugas tersebut Balai KSDA Kalimantan Selatan mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, salah satunya melalui sarana Perjanjian Kerja Sama (PKS).
Pada akhir Bulan Februari ini Balai KSDA Kalimantan Selatan mendapat kunjungan dari PT. Antang Gunung Meratus dan Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin untuk membicarakan terkait PKS.

Kunjungan pertama dilakukan oleh pihak PT. AGM  diwakili oleh Bapak Alfi S. didampingi tim dari IPB yaitu Bapak Endro R., kunjungan ini bertujuan membahas lebih lanjut terkait kerja sama untuk konservasi flora dan fauna di Provinsi Kalimantan Selatan serta konservasi bekantan dan burung migran di Kabupaten Tapin sekitar areal PT. AGM. Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc sangat mengapresiasi niat baik dari PT. AGM dalam melindungi satwa endemik Kalimantan Selatan yang hampir punah yaitu bekantan.

“Melalui sarana PKS penguatan fungsi, PT. AGM turut berperan serta dalam pelestarian bekantan. Semoga dengan peran serta PT. AGM, juga akan menumbuhkan kesadaran pihak lainnya tentang pentingnya menjaga kelestarian flora dan fauna khususnya Bekantan”, tambah Mahrus.

Selanjutnya, Balai KSDA Kalimantan Selatan menerima kunjungan dari Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin yang diwakili oleh Bapak Mahin, S.Sos., M.M dan Bapak Ansyari, untuk pembahasan draft PKS. Kerja sama dengan Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin merupakan kerja sama pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan tentang pemanfaatan bangunan navigasi eksisting di SM Kuala Lupak.

“Kerja sama ini telah mendapatkan persetujuan dari Dirjen KSDAE yang penandatanganannya akan didelegasikan kepada Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan”, tutur Mahrus.

“Penandatanganan juga dapat dilaksanakan di Kantor Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin sekalian silaturahmi”, tambah Mahrus. (jrz)

BKSDA Kalsel Tingkatkan Peran Serta Para Pihak Melalui PKS (02)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini