Bontang Scout Competition (BSC) 2019 di Gelar di TN Kutai

Senin, 25 Februari 2019

Bontang, 25 Februari 2019. Bontang Scout Competition 2019 yang diselenggarakan oleh pramuka Kwarcab Bontang terlaksana cukup seru dan meriah. Perhelatan akbar yang melibatkan lebih dari 500 peserta diselenggarakan di bumi perkemahan, Bontang Mangrove Park (BMP) Taman Nasional Kutai. BSC 2019 merupakan salah satu upaya  untuk menanamkan dan membangun nilai-nilai karakter bangsa bagi kalangan generasi muda.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 22-24 Februari 2019 merupakan event tahunan yang merupakan ajang kompetisi para siaga dan penggalang  se-Kota Bontang. Event BSC 2019, diisi dengan berbagai kegiatan lomba  antara lain Tali Temali, Sandi Morse dan Semaphore, baris berbaris, hasta karya, pentas seni dan berbagai kegiatan lomba lainnya.  Melalui lomba diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan di antara para anggota pramuka, meningkatkan solidaritas, dan  meningkatkan wawasan pengetahuan, serta semangat kebangsaan. Pelaksanaan kegiatan di kawasan konservasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang peran penting lingkungan hidup serta kawasan konservasi bagi kehidupan manusia 

Selain kegiatan lomba bagi pramuka siaga dan penggalang, diselenggarakan juga malam renungan dalam rangka memperingati hari lahirnya Lord Bodden Powell, pencetus berdirinya gerakan pramuka sedunia yang di peringati setiap tanggal 22 Februari dan tahun 2019 merupakan peringatan yang ke 162.

Kepala Balai TN Kutai sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Bontang Mangrove Park. Pada awal tahun 2019 berbagai kegiatan dari berbagai kelompok kategorial telah dilaksanakan di BMP. Bahkan minat untuk menjadikan MP sebagai tempat pelaksanaan kegiatan semakin tinggi. Untuk menyelenggarakan event besar, harus “indent” satu sampai dua bulan sebelumnya karena jadwal pemesanan dan penggunaan tempat yang sangat padat. Hal ini semakin memotivasi Balai TN Kutai untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana BMP serta meningkatkan kualitas pelayanan dengan menjadi tuan rumah yang baik.

Penyelenggaraan kegiatan BSC 2019 sangat sesuai dengan semangat awal dalam membangun Bontang Mangrove Park untuk mendukung kegiatan pendidikan melalui sarana perkemahan, tidak hanya di lingkup Kota Bontang dan sekitarnya. Target jangka panjang adalah menjadikan Bontang Mangrove Park sebagai tempat penyelenggaraan event regional bahkan nasional, sehingga event BSC 2019 merupakan salah satu sarana dalam mengevaluasi pengelolaan Bontang Mangrove Park dalam mendukung pelaksanaan kegiatan perkemahan dan kegiatan lainnya. Semoga kehadiran Bontang Mangrove Park dapat semakin meningkatkan upaya pembangunan generasi muda di Bontang dan Kalimantan Timur pada umumnya.

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini