Peringati HPSN TN Bali Barat Aksi Bersih Bersama Pramuka MIN 6 Jembrana dan Masyarakat

Jumat, 22 Februari 2019

Gilimanuk, 22 Februari 2019. Bertempat di obyek wisata Karangsewu, TN Bali Barat, sekelompok siswa yang tergabung dalam pramuka siaga Madrasah Ibtidayah Negeri 6 Jembrana, Gilimanuk, bersama Kelompok Nelayan Karangsewu, Kelompok Nelayan Segara Merta, Bank Sampah, Kelompok Penangkaran Curik Bali, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kelompok Swadaya masyarakat Gilimanuk (FKK-SMG) dan didukung oleh personil Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Jembrana, Balai Taman Nasional Bali Barat, melakukan aksi bersih (clean up) di Objek Wisata Karangsewu. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 dengan tema "Kelola Sampah Untuk Hidup Sehat, Bersih dan Bernilai". Aksi bersih dilakukan dengan cara memungut dan mengumpulkan sampah anorganik khususnya sampah plastik di sepanjang Pantai Karangsewu.

Kegiatan clean up ini selain sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan juga dimaksudkan untuk memberikan contoh kepada pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan. Bagi anak-anak siswa sekolah, kegiatan ini bermanfaat untuk menanamkan kesadaran sejak dini dan memupuk jiwa cinta lingkungan. Kesadaran masyarakat sekitar objek wisata Karangsewu terlihat dengan ikut berperan sertanya masyarakat secara aktif dalam melakukan kegiatan clean up bersama.

Dalam kegiatan ini sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 83 kilogram terdiri dari sampah plastik, kaca, karet, dan styrofoam. Dengan munculnya kesadaran dari masyarakat tentang makna kebersihan khususnya di obyek wisata, merupakan wujud dari kesinambungan dan upaya terus-menerus yang dilakukan oleh petugas TNBB dalam pendampingan masyarakat. Pendampingan memberikan posisi yang jelas bagi masyarakat, yaitu masyarakat sebagai subyek dalam pengelolaan kawasan konservasi.

Semoga dengan kesadaran yang muncul, akan memberikan dampak yang baik bagi pengelolaan TN Bali Barat dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga dapat memberikan manfaat berupa penguatan ekonomi bagi masyarakat.

 

 

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini