Mitra TN Kutai, Mendukung Program Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar TN Kutai

Senin, 25 Februari 2019

Bontang, 25 Februari 2019. 25 tahun menjadi partner Balai Taman Nasional Kutai dalam mengelola kawasa,  bukanlah waktu yang singkat. Mitra TN Kutai bermula  pada tanggal 30 April Tahun 1994 atas dasar MoU yang ditandatangani oleh Dirjen PHPA dan perwakilan dari 6 perusahaan yaitu PT. Pertamina, PT. Badak NGL, PT. Porodisa, PT. Kiani Lestari,  PT. Surya Hutani Jaya, dan PT. Kaltim Prima coal dan pada tanggal 29 Juni 1995 ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Dirjen PHPA No. 121/Kpts/DJ-VI/1995 dengan membentuk Panitia Pengarah (Steering Committee) dan Panitia Pelaksana (Operating Committee) Mitra TN Kutai, serta penambahan 2 anggota menjadi 8 Perusahaan yaitu PT. Indominco Mandiri dan PT. Pupuk Kaltim. Dalam perjalanan selama 25 tahun, terjadi dinamika keanggotaan dimana terdapat beberapa perusahaan yang keluar dan bergabung hingga saat ini jumlah anggota mitra TN Kutai menjadi 10 perusahaan yaitu PT. Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field, PT. Surya Hutani Jaya, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Badak NGL., PT. Pupuk Kaltim, PT. Indominco Mandiri, PT. PAMAPERSADA NUSANTARA site INDO,  PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Site KPCS, PT. Kaltim Methanol Industri dan PT. Kaltim Nitrate Indonesia.

Mitra TN Kutai yang memiliki slogan “Bangga menjadi Mitra” tidak pernah terputus dalam memberikan dukungan pengelolaan Taman Nasional Kutai. Selama perjalanan 25 tahun, berbagai program telah dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan TN Kutai dengan dukungan utama berupa pembangunan sarana prasarana wisata dan pendidikan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan kampanye.  Selain kegiatan tersebut, Mitra TN Kutai juga melakukan rehabilitasi hutan mangrove dan beberapa kegiatan penanaman pohon  dalam rangka bulan menanam dan pemulihan ekosistem.

Tahun 2019, Mitra TN Kutai merencanakan program utama berupa peningkatan kapasitas masyarakat di sekitar kawasan melalui pelatihan membatik dengan pewarna asli dari mangrove,  ecoprint serta pelatihan pengolahan pangan alternative dari hutan mangrove. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan peluang dan pilihan usaha bagi masyarakat sekitar untuk dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.  Kegiatan kampanye dan pendidikan lingkungan melalui  pencetakan merchandise dan bahan informasi, Kutai Wana Rally, kunjungan regular sekolah serta pembinaan Laskar Taman Nasional Kutai.  Pembangunan sarana prasarana wisata juga direncanakan untuk mendukung peningkatan kualitas wisata alam di Prevab, yang merupakan pusat penelitian orangutan serta wisata pengamatan satwa liar dengan konserp wisata alam terbatas serta dukungan sarana prasarana  pada objek-objek wisata lainnya di TN Kutai.

Secara keseluruhan program kegiatan Mitra TN Kutai di susun dalam sebuah Rencana Strategis  lima tahunan yang didetailkan dalam rencana tahunan yang ditandatangani oleh seluruh perwakilan Mitra TN Kutai dalam forum rapat tahunan Mitra TN Kutai. Program mitra TN Kutai tidak hanya terbatas pada apa yang direncanakan pada setiap tahun anggaran. Namun secara insidentil terdapat beberapa kegiatan yang didukung oleh anggota mitra secara in kind sesuai dengan kebutuhan pengelolaan Taman Nasional Kutai. Sehingga peran mitra sangat penting dalam memperkuat kelembagaan Taman Nasional Kutai. Semoga dukungan tersebut terus terjaga dan senantiasa “Bangga menjadi Mitra.”

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini