BBTN Lore Lindu Bersih Lingkungan di sekitar Objek Wisata Telaga Tambing

Sabtu, 23 Februari 2019

Tambing, 22 Pebruari 2019. Dua puluh orang petugas Balai Besar Taman Nasional Lore (BBTNLL) yang terdiri atas unsur Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Tenaga Pengamanan Hutan Lainnya (TPHL), Kepala Resort Tongoa (Asdi Saiyong), dan Plh. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Tongoa (Daniel Manda) melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah (khususnya plastik) yang banyak dijumpai di sepanjang pinggiran jalan raya di sekitar Objek Wisata Telaga Tambing, Jumat (22/2). Pada kesempatan tersebut, turut bergabung Kepala BBTNLL (Jusman), untuk berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan dimaksud.

Meskipun kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh personil lingkup Resort Tongoa yang mewilayahi Telaga Tambing, tetapi kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang spesial karena momentumnya masih dalam suasana Hari Peduli Sampah Nasional tanggal 21 Pebruari 2019. Selain kegiatan bersih-bersih sampah, petugas juga sekaligus melakukan sosialisasi terkait tata tertib kunjungan ke kawasan destinasi Objek Wisata Telaga Tambing, termasuk pentingnya pengelolaan sampah melalui 3R (Reduse, Reuse, Recycle).

Pada akhir kegiatan, Jusman mengambil kesempatan untuk memberikan arahan pembinaan kepada seluruh personil. Harapannya agar setiap personil dapat memahami tugas dan tanggungjawab selaku petugas yang mendapatkan amanah dari Pemerintah untuk menjaga alam agar lestari serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat luas. Selanjutnya Jusman, juga mengingatkan bahwa saat ini telah banyak perubahan, termasuk permasalahan, karakter dan harapan masyarakat. Cara-cara lama dalam penyelesaian permasalahan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, mulai terasa tidak efektif. Oleh karenanya penerapan 10 (Sepuluh) Cara Baru yang dikenalkan oleh Dirjen KSDAE agar dipedomani oleh setiap personil dalam pelaksanaan tugas.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini