Siap Menjadi yang Terdepan, BKSDA Kalbar Benchmarking ke TN Bromo Tengger Semeru

Rabu, 20 Februari 2019

 

Malang, 20 Februari 2019. BKSDA Kalbar diwakili Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang Dani Arief Wahyudi serta beberapa orang staf melakukan benchmarking pengelolaan wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Malang, Jawa Timur. TNBTS merupakan salah satu Taman Nasional yang mampu mengelola kawasan konservasi berbasis masyarakat lokal, serta mampu memberikan PNBP yang besar bagi negara dari sektor pariwisata alam.

BKSDA Kalimantan Barat saat ini bersiap untuk mempromosikan beberapa taman wisata alam (TWA) sebagai destinasi wisata dan edukasi kepada masyarakat umum. Dari 7 (tujuh) TWA yang dikelola yaitu TWA Gunung Dungan, TWA Gunung Melintang, TWA Gunung Asuansang, TWA Baning, TWA Sungai Liku, TWA Tanjung Belimbing dan TWA Gunung Kelam, 2 (dua) diantaranya yaitu TWA Tanjung Belimbing yang juga merupakan Sanctuary/Suaka Penyu di Paloh dan TWA Gunung Kelam, destinasi untuk menguji adrenalin hanya bagi yang berani dan suka tantangan, berlokasi di Sintang merupakan TWA prioritas/unggulan yang sedang dibenahi dan dikembangkan.

Kesempatan ini tentu saja digunakan sebaik mungkin dengan harapan dapat diadopsi/diaplikasikan di wilayah kerja BKSDA Kalbar, terutama dalam hal manajemen pengelolaan wisata alam. Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta berharap, hasil dari benchmarking ini dapat dipresentasikan di hadapan staf lainnya sebagai bahan pertimbangan dan diskusi dalam perencanaan promosi wisata alam terutama dalam hal manajemen pengelolaan wisata alam.

Work Fun, Stay Productive...

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini