Peringati HPSN 2019, TN Matalawa Ajak Mitra dan Milenial Peduli Kebersihan

Kamis, 21 Februari 2019

Waingapu, 21 Februari 2019. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) diikuti oleh sejumlah ratusan peserta yang terdiri dari anggota Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti, pelajar SMK, masyarakat sekitar kawasan, dan mitra-mitra terkait lainnya. Dua kegiatan dalam memperingati HPSN ini dilangsungkan di Waingapu pada tanggal 17 Februari dan di Hutan Tanah Daru tanggal 21 Februari.

Pada kegiatan peringatan HPSN pada tanggal 17 Februari, anggota baru Saka Wanabakti Laiwangi Wanggameti melakukan operasi bersih sampah di Lapangan Matawai, Kota Waingapu. Kegiatan bersih sampah ini berhasil mengumpulkan 9 karung sampah untuk kemudian dibawa ke TPS terdekat. Selain melakukan kegiatan bersih sampah, kegiatan ini dilanjutkan dengan pelantikan para anggota baru dan Dewan Saka di Taman Sandalwood oleh Kak Hezron Manafe yang bertindak sebagai Sekretaris Mabi Saka.

Puncak peringatan HPSN dilaksanakan di Hutan Tanah Daru kawasan TN Matalawa pada 21 Februari. Selain seluruh pegawai, kegiatan ini juga diikuti oleh para siswa SMK Peternakan Umbu Ratu Nggay, masyarakat sekitar, dan mitra kerja TN Matalawa. Hutan Tanah Daru merupakan tempat peristirahatan bagi para pengendara ketika mereka melakukan perjalanan dari Sumba Barat ke Sumba Timur ataupun sebaliknya. Para pengunjung yang beristirahat ini acap kali membuang sampahnya di lokasi ini sehingga membuat kawasan terlihat kotor. Para peserta yang melakukan giat bersih sampah di Hutan Tanah Daru berhasil mengumpulkan lebih dari 20 karung sampah untuk kemudian dibawa ke tempat pembuangan. (aat&dpn/mtlw)

 

Sumber : Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini