Ibu dan Anak Orangutan (Pongo pygmaeus) Kembali Diselamatkan

Selasa, 19 Februari 2019

Teluk Pandan, 14 Februari 2019. Call center Balai TN Kutai menerima laporan dari masyarakat yang berada di Desa Teluk Pandan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur yaitu seorang penjaga kebun bernama Rustam. Rustam melaporkan bahwa sudah 3 (tiga) hari ada orangutan yang masuk ke kebun nanasnya.

Mendapatkan laporan tersebut, tim WRU (Wild Rescue Unit) Balai TN Kutai langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pemantauan. Dari hasil pemantauan yang dilakukan tampak kerusakan kebun dan buah nanas.

Bersama-sama dengan tim WRU Balai TN Kutai, tim WRU BKSDA Kaltim, Yayasan Jejak Pulang dan Saudara Rustam, tim melakukan penyelamatan terhadap satwa dilindungi tersebut. Dipimpin oleh tim WRU BKSDA Kaltim, tim mengambil tindakan dengan melakukan tembak bius terhadap orangutan (Pongo pygmaeus).     

Setelah orangutan terbius, dilakukan pemisahan sementara antara induk dan anak orangutan serta pemberian vitamin dan perawatan oleh drh. Afwan dari Yayasan Jejak Pulang. Berdasarkan hasil pemantauan terhadap perilaku dan penampakan anatomi tubuh orangutan pasca perawatan, orangtan dinyatakan sehat sehingga ibu dan anak orangutan yang berumur kira-kira 3 tahun tersebut dilepasliarkan kembali ke alam yaitu di Objek Wisata Alam Sangkima Jungle Park Resort Sangkima SPTN Wilayah I Sangatta Taman Nasional Kutai (15/2).

Dalam menangani konflik satwa liar dengan masyarakat diperlukan partisipasi dan kesadaran dari berbagai pihak sehingga tidak ada korban baik satwa liar maupun manusia itu sendiri.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini