Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI di Provinsi Sulawesi Utara Menikmati Pesona Bunaken

Kamis, 14 Februari 2019

Manado, 14 Februari 2019. Bertempat di Manado Komisi IV DPR RI yang dipimpin oleh ketua Komisi IV, Edhy Prabowo beserta rombongan sebanyak 21 orang melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara, berkesempatan singgah menikmati pesona surga di bibir pasifik Taman Nasional Bunaken.

Dalam Kunjungan kerja Komisi IV DPR RI juga didampingi oleh Bapak Direktur Jenderal KSDAE (Ir. Wiratno, M.Sc), dimana Kunker merupakan dalam rangka Reses Masa Sidang III tahun 2018-2019. Dikesempatan tersebut Anggota Komisi IV DPR RI melihat langsung keindahan bawah laut Bunaken di Likuan II divespot dengan menggunakan kapal Subsea.

Selain itu untuk memberikan informasi terkait pembangunan dan pengembangan wisata alam, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken (Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si), mempresentasikan program dan kegiatan serta rencana pengembangan wisata di Pulau Mantehage, Manado Tua dan Bunaken.

Pembembangan wisata alam di Pulau Mantehage, Manado Tua dan Nain akan membentuk destinasi baru selain perairan Pulau Bunaken. Dalam implementasi pengembangannya Pulau Mantehage bertema Magrove Park dan Pulau Manado Tua dengan tema wisata pendakian dan wisata pendidikan, tutur Farianna.

Ketua Komisi IV DPR RI beserta anggota dan undangan yang hadir melakukan penaman karang dengan metode rangka laba-laba yang diadopsi dari Mars. Metode ini diyakini lebih praktis dan kesempatan tumbuh karang lebih baik, sebagaimana yanh pernah dilakukan di Pulau Baddi dan Pulau Bontosua Sulawesi Selatan. Selanjutnya Bapak Dirjen KSDAE dan Ketua Komisi IV DPR RI meresmikan kantor Resort Mantehage, Resort Manado Tua dan Resort Nain.

Komisi IV DPR RI mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Bunaken, utamanya dalam pengembangan wisata alam yang tidak hanya Pulau Bunaken, tetapi dengan mendiversifikasi produk destinasi unggulan lainnya di Pulau Mantehage dan Pulau Manado Tua.

Komisi IV DPR RI mendorong alokasi tambahan anggaran untuk Balai Taman Nasional Bunaken tahun ini, untuk pengadaan kapal subsea dalam rangka optimalisasi pelayanan pengunjung dan wisata pendidikan konservasi bagi anak-anak disekitar kawasan Taman Nasional Bunaken.

Sumber : Eko Wahyu Handoyo, S.Hut - PEH Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini