BKSDA Kalsel Dukung Penangkar Arwana PT. Kresnapusaka Tirtalestari

Rabu, 13 Februari 2019

Banjarmasin, 12 Februari 2019 – Penangkar lokal ikan arwana yang sudah lebih puluhan tahun di Desa Pejambuan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalsel telah dikunjungi oleh tim dari BKSDA Kalsel. Kunjungan lapangan dipimpin Kepala Balai KSDA Kalsel, Dr. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi KSBTU, Suwandi, S.Hut, MA dan staf urusan Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Hafizh Muhardiansyah disambut langsung oleh pemiliknya Bapak Indra Hardjadinata yang didampingi anaknya Sdr. Arief Hardjadinata.

Bapak Indra menjelaskan bahwa pada awal tahun 1991 telah memulai usaha penangkaran arwana dengan metode coba-coba. Kegagalan demi kegagalan dijadikan pembelajaran hingga akhirnya berhasil sampai saat ini. Berkat keberhasilan ini juga telah mampu menyekolahkan salah satu anaknya untuk belajar mendalami ikan arwana di luar negeri, tepatnya di Sparsholt College, Winchester, England, United Kingdom jurusan Ornamental Fish Management.

Kesempatan kunjungan ini bertepatan dengan proses pemanenan/pemijahan dan pengambilan anakan Ikan Arwana Banjar Red (Scleropages formosus) di kolam penangkaran. PT. KTL sudah berhasil mengembangbiakkan jenis ikan arwana diantaranya: Arwana Banjar Red (Scleropages formosus), Arwana Super Red (Scleropages formosus), Arwana Green(Scleropages formosus) dan Arwana Jardini (Scleropages jardini). Tim BKSDA Kalsel sangat terkesan dengan proses penangkaran ini dan juga berkesempatan melihat proses pembesaran arwana hingga siap untuk dipasarkan. Pemasaran hasil penangkaran tujuan luar negeri, seperti ke Cina, Thailand dan Singapore.

Keluhan yang disampaikan antara lain pengurusan untuk ekspor harus ke Jakarta. Perusahaan sangat mendukung adanya OSS (Online Single Submission) agar kegiatan ekspor bisa berjalan cepat dan lancar. 

Dr. Mahrus berharap usaha penangkaran ikan Arwana bisa berkembang di daerah lainnya dengan dukungan KLHK dan parapihak lainnya untuk mendukung ekspor yang lebih luas dan banyak. Kita juga akan melepas-liarkan ikan Arwana ke alam untuk pembiyakkan secara alami.

Kesempatan kunjungan ini juga telah disepakati akan adanya Perjanjian Kerjasama (PKS) antara BKSDA Kalsel dengan PT. Kresnapusaka Tirtalestari dalam rangka penguatan fungsi pengawetan flora dan fauna di Kalimantan Selatan. (jrz)

BKSDA Kalsel Dukung Penangkar Arwana PT. Kresnapusaka Tirtalestari (01)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini