Penyegaran Polhut Balai TN Taka Bonerate

Rabu, 13 Februari 2019

Benteng - Kepulauan Selayar, 13 Februari 2019. Bertempat di Sunari Beach Balai TN Taka Bonerate melaksanakan kegiatan Penyegaran Polhut. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (11 s.d 12/02) ini dibuka langsung oleh Kepala Balai Faat Rudhianto, dan dilanjutkan pemberian materi pertama Prosedur Penanganan Perkara oleh Kepala Kejaksaan Negeri Selayar, Cumondo Trisno, S.H.

"Semua kegiatan penyidikan harus dibarengi dengan Berita Acara", ucap Cumondo Trisno di depan para Polhut

Kajari juga menyatakan bahwa Kantor Kejaksaan Selayar selalu siap menerima koordinasi mengenai kendala dalam proses penyidikan yang dialami oleh pihak Balai TN Taka Bonerate.

Usai sesi tanya jawab, dilanjutkan materi kedua Pembinaan Sikap, Mental dan Kepribadian oleh Kepala Balai Faat Rudhianto yang dipandu oleh Muh. Hasan, Kepala SPTN Wil I Tarupa. "Jadilah ASN yang baik yang mempunyai Sikap, Mental dan Kepribadian yang baik, dasar kita adalah Ikhlas bekerja", ucap Faat Rudhianto memulai materi.

"Sikap adalah perasaan, pikiran dan kecenderungan evaluating terhadap suatu objek atau subjek tertentu. Mental adalah perkara yg berhubungan dengan jiwa dan watak, keadaan jiwa dan watak pada seseorang", lanjutnya.

Pribadi adalah seorang atau benda tertentu dari suatu kumpulan.Kepribadian, keadaan atau sifat tertentu. Faat Rudhianto menyatakan keluarga adalah nomor satu, jika rindu dengan keluarga silahkan ijin, ada masalah silahkan curhat.

Dalam materinya, kepala balai juga menyampaikan 10 Cara Baru Kelola Kawasan Konservasi dengan Prinsip 5 K, Sembilan Nilai Dasar Rimbawan sebagai dasar ASN Balai TN Taka Bonerate dalam bekerja. "Kita harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, karena selain kita sebagai petugas penjaga, kita juga tempat curhat, mengadu oleh masyarakat", kunci Faat Rudhianto.

Materi ketiga pada kegiatan dari Unit II Tipiter Satuan Reskrim Polres Selayar, Aipda Ulil Amri, S.Sos. dan Briptu Arianto, S.H. dengan judul materi Penanganan TKP, Barang Bukti dan Tersangka. Materi keempat yang sekaligus menjadi materi terakhir di hari pertama adalah dari TNI Kodim 1415 Selayar Sersan Mayor Muh.Taufik tentang Kesamaptaan. Materi ini akan dilanjutkan keesokan hari dengan praktik lapang. Hari kedua Penyegaran Polhut Balai TN. Taka Bonerate diisi dengan materi lapangan "Kesamaptaan" dari TNI Kodim 1415 Selayar. Tampak peserta begitu bersemangat dan antusias.

Penyusunan Laporan Kejadian, Berita Acara, Administrasi Pengamanan dan Perlindungan Kawasan Konservasi oleh Sudirman Sultan dari Balai Diklat LHK Makassar menjadi materi penutup dari kegiatan ini. Sekadar informasi bahwa pamateri kali ini adalah alumni Polhut Balai TN Taka Bonerate angkatan tahun 1999, salah satu Polhut perwira pertama yang merintis pengamanan dan perlindungan di TN Taka Bonerate. Materi yang dipandu oleh ibu Kasubag TU, Aisyah Amnur ini berlangsung seru dan interaktif.

Dengan kegiatan Penyegaran Polhut ini, diharapkan para Polhut Balai TN Taka Bonerate "tersegarkan" baik secara fisik, mental, pengetahuan dan semangat dalam bekerja.

 



Sumber : Asri - PEH Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini