Penyelamatan Satwa Ungko di Desa Bandur Picak, Kab Kampar

Rabu, 06 Februari 2019

Pekanbaru, 6 Februari 2019. Kepala Resort Kampar, Salman Yasir beserta anggota atas perintah Kepala Balai Besar KSDA Riau melalui Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro melakukan upaya penyelamatan terhadap satwa dilindungi yaitu seekor Ungko (Hylobates agilis). Pada pukul 15.00 WIB, rombongan tiba di kantor Desa Bandur Picak. Tim langsung berkoordinasi dengan perangkat desa dan didampingi Sekretaris Desa menuju lokasi rumah warga yang memelihara satwa ungko tersebut.

Tim melakukan penyelamatan dibantu warga setempat, dengan cara dilakukan penggiringan ke kandang. Berdasarkan informasi, Ungko telah dipelihara Sdr. Yusman kurang lebih 9 tahun. Kondisi satwa sehat,  berumur sekitar 9 tahun dan memiliki jenis kelamin jantan. Sebelumnya dilaporkan bahwa satwa yang masih berumur 2 tahun sempat menggigit lengan anak tetangga pemelihara. Kondisi korban saat ini telah diberikan pengobatan.

Kejadian ini menjadi perhatian serius Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono yang menghimbau kepada warga masyarakat yang gemar memelihara satwa liar untuk segera menyerahkan kepada Balai Besar KSDA Riau.

Saat ini satwa telah berada di kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau untuk dilakukan observasi sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini