Ini Jenis Serangga Hasil Presentasi WNA di TN Aketajawe Lolobata

Jumat, 08 Februari 2019

Sofifi, 6 Februari 2019. Hampir satu minggu melakukan kegiatan di Resort Tayawi, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), dua pengunjung dari Amerika dan satu pengunjung dari Australia mendokumentasikan beberapa jenis serangga. Dalam presentasinya di kantor Balai TNAL pada tanggal 1 Februari 2019, ketiga wisatawan tersebut mengatakan bahwa masih banyak jenis lebah di TNAL yang belum teridentifikasi.  Mereka mengelompokkan jenis foto serangga berdasarkan keluarga, antara lain lebah, semut, kupu-kupu, belalang, dan lainnya.

“Kami yakin masih terdapat banyak jenis serangga yang masih belum teridentifikasi”, kata Clay, salah satu pengunjung (terjemahan).

Clay juga menyebutkan bahwa kawasan TNAL yang berada dalam garis Wallacea merupakan tempat yang kaya akan keanekaragaman hayati dan sangat diminati oleh peneliti-peneliti di Eropa dan Australia.

Pemaparan tersebut dihadiri oleh Kepala Balai beserta pejabat struktural dan pejabat fungsional. Peserta pemaparan sangat antusias, karena kunjungan dan dokumentasi jenis lebah dan serangga lainnya di dalam kawasan TNAL merupakan suatu hal yang baru. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah kapan waktu yang tepat untuk melihat serangga dan mendapatkan foto yang bagus. Clay menjawab dengan semangat bahwa, waktu yang baik untuk melihat serangga adalah pada waktu pagi dan sore, jika ingin mendapatkan foto yang bagus dapat dilakukan pada waktu tersebut atau pada saat malam hari dengan pencahayaan yang cukup.

Setelah melakukan presentasi hasil, Clay yang merupakan memberikan ulasan sedikit tentang fotografi serangga kepada peserta.

Oleh: Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini