Pembelajaran Konservasi Bagi Generasi Milenial

Sabtu, 02 Februari 2019

Kotabaru, 1 Februari 2019 – BKSDA Kalsel di awal Februari ini telah melaksanakan visit to school di sekitar kawasan CA Teluk Kelumpang, tepatnya di SMP Negeri 1 Cantung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru.

Hadir Kepala Sekolah Bapak Abdurrahman, S.Pd., yang didampingi oleh para guru beserta anak didik mewakili kelas VII hingga kelas IX sebanyak 60 orang. Sedangkan dari BKSDA Kalsel dihadiri Kepala Balai KSDA Kalsel, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc, KSBTU Suwandi, S.Hut., MA, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Batulicin, Nikmat Pasaribu, S.P, M.Sc., Kepala Resort Teluk Kelumpang, Nabawi serta tim teknis lainnya.
Kepala Sekolah dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat membuka pikiran anak didik terhadap flora dan fauna dan tempat hidupnya. Perubahan paradigma akan dapat mengubah prilaku anak didik menjadi lebih sayang kepada hutan dan isinya.

Dr. Mahrus pada visit to school ini menjelaskan tentang fungsi-fungsi hutan, khususnya hutan konservasi. Dijelaskan bahwa hutan konservasi meliputi kegiatan perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan yang lestari. Hutan konservasi berperan untuk menjaga rantai makanan dalam sebuah ekosistem dan genetika flora dan fauna. Dibagian akhir dijelaskan bahwa melindungi flora dan fauna merupakan bagian dari ibadah, karena memberikan manfaat terhadap makhluk Tuhan lainnya termasuk makhluk gaib yang tidak terlihat.

BKSDA Kalsel telah menyerahkan Buku tentang Primata dan Burung di Kalsel, Peta Kawasan Resort Teluk Kelumpang dan Bibit Buah-buahan untuk ditanam di sekitar sekolah. Dr. Mahrus berharap anak didik bisa menjadi kader-kader konservasi yang handal dengan prinsip bekerja ikhlas, keras, cerdas, dan tuntas. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

Pembelajaran Konservasi Bagi Generasi Milenial (03)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini