CA Sungai Lulan dan Sungai Bulan Giatkan Kemitraan Konservasi

Sabtu, 02 Februari 2019

Kotabaru, 1 Februari 2019 – CA Sungai Lulan dan Sungai Bulan (CA SLSB) mempunyai luasan 3.017,53 ha, sesuai SK Menhut Nomor : SK.6000/Menhut-VII/KUH/2014, tersebar di Kecamatan Pulau Laut Selatan dan Kecamatan Pulau Laut Timur. Pos Resort CA SLSB berada di Desa Tanjung Seloka Utara, sejak awal tahun 2019 agar lebih dekat dengan kawasan.

Kepala Balai KSDA Kalsel, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., didampingi Kepala Seksi Wilayah III Batulicin, Nikmat Pasaribu, S.P., M.Sc di awal bulan Februari 2019 telah mengunjungi sekaligus meresmikan kantor terluar paling selatan di bagian Pulau Laut (Kabupaten Kotabaru). Pada saat kunjungan ke Desa Tanjung Serudung, didampingi Kepala Resort CA SLSB, Suriansyah, S.Hut., mengadakan diskusi dengan Kepala Desa Tanjung Serudung, Hasmuddin Noor dan Sekdes Noviansyah tentang prospek pengembangan desa berbasis konservasi.  Secara sejarah, Desa Tanjung Serudung sudah ada sejak tahun 1942, dimana desa tersebut merupakan desa tertua yang ada di Kecamatan Pulau Laut Selatan, namun berdasarkan Permenhutbun Nomor : 453/Kpts-II/1999 bahwa kedudukan Desa Tanjung Serudung yang berada pada Pulau Serudung  hanya sebagian  pulau yang menjadi Kawasan Konservasi, setelah terbit SK Menhut Nomor : SK.435/Menhut-II/2009 terjadi penambahan luas di kawasan CA SLSB dimana Keseluruhan Pulau Serudung secara keseluruhan menjadi Kawasan Konservasi.

Dalam rangka memelihara harmonisasi dengan masyarakat setempat, maka program Kemitraan Konservasi secara terbatas masih dapat dilaksanakan. Tahun 2019 ini direncanakan kegiatan pengembangan pakan lebah madu tanaman Kaliandra Merah sekitar 5 ha. Kayu Kaliandra diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif bagi masyarakat setempat. Melaksanakan 10 Cara Baru dari Dirjen KSDAE Ir. Wiratno, M.Sc., masyarakat setempat sebagai subjek kegiatan, maka BKSDA Kalsel mendorong Bumdes Tanjung Serudung untuk mengambil peran aktif dalam Mitra Konservasi ini. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

 
CA Sungai Lulan dan Sungai Bulan Giatkan Kemitraan Konservasi (01)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini