Saka Wana Bakti Selayar Peringati Hari Lahan Basah Se-Dunia

Senin, 04 Februari 2019

Salam Pramuka!!!
Taman Mangrove - Kepulauan Selayar, 04 Februari 2019. Setiap Tanggal 02 Februari diperingati Hari Lahan Basah Se-Dunia. Timbul pertanyaan apa sih lahan basah itu?? Apakah itu penting??

Lahan basah adalah wilayah daratan yang digenangi air atau memiliki kandungan air yang tinggi, baik permanen maupun musiman. Ekosistemnya mencakup rawa, danau, sungai, hutan mangrove, hutan gambut, hutan banjir, limpasan banjir, pesisir, sawah, hingga terumbu karang.

Lahan basah memiliki peran penting dalam kehidupan umat manusia. Ekosistemnya menyediakan air bersih, keanekaragaman hayati, pangan, berbagai material, mengendalikan banjir, menyimpan cadangan air tanah, dan mitigasi perubahan iklim.

Karena ini penting maka pada tanggal 03/02 Pramuka binaan Balai TN. Taka Bonerate Saka Wana Bakti Cabang Kepulauan Selayar memperingatinya dengan cara melaksanakan Sosialisasi Tentang Pentingnya Ekosistem Lahan Basah, Diskusi Kelompok dan sharing pengetahuan tentang lahan basah kepada para anggota yang tergabung.

Tema pun disesuaikan dengan kondisi sekarang yaitu akhir-akhir ini negeri kita sering dilanda bencana alam maka tema yang diangkat adalah  "Lahan Basah yang Bersih Bagi Pengurangan Resiko Bencana"

Bertempat di Taman Mangrove Matalalang, Kecamatan Bontoharu Kab. Kepulauan Selayar. Tak kurang dari 30 anggota Pramuka Saka Wana Bakti Cab. Kep. Selayar yang hadir.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Balai TN. Taka Bonerate sebagai pembina kami serta pemateri hari ini, kak Imam dan kak Asep" Ucap Kak Marwan Pamong Saka.

Menurutnya kedepan akan diadakan kegiatan aksi bersih pantai sambil melihat kondisi cuaca jika angin musim barat sudah redah.

Dari kegiatan hari ini diharapkan adik-adik binaan akan menjadi penyambung pesan-pesan konservasi ke lingkungan sekitarnya dan penyelamat lingkungan.

Sumber : Asri - PEH Balai TN. Taka Bonerate
Foto : Dok. Saka Wana Bakti Kepulauan Selayar

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini