Dukungan Pemda Tanah Laut untuk TWA Pelaihari

Kamis, 31 Januari 2019

Pelaihari, 29 Januari 2019 – Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc melakukan kunjungan kerja ke  Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Kunjungan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman beserta Kepala Dinas Pariwisata Kab. Tanah Laut, Ir.H. Akhmad Hairin, MP. Maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah dalam rangka silaturahmi dan diskusi terkait pengelolaan Kawasan Konservasi TWA Pelaihari Pantai Batakan.

Sektor pariwisata di kawasan konservasi penting mendukung program Nasional dan Provinsi Kalimantan Selatan yang berfokus pada pariwisata berbasis alam, maka potensi-potensi pariwisata di daerah harus digalakkan kembali, tidak terkecuali TWA Pelaihari Pantai Batakan yang memiliki potensi yang sangat besar di Kabupaten Tanah Laut namun kurang berkembang karena permasalahan konflik kepentingan sehingga tidak terkelola dengan baik.  “Dukungan dari Pemerintah Daerah Tanah Laut sangat dibutuhkan untuk mendorong kemajuan wisata di TWA Pelaihari Pantai Batakan yang dapat berdampak positif pada pariwisata Kabupaten Tanah Laut”, tutur Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc.

Dalam kunjungan kerja ini, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan menawarkan kerja sama pembangunan strategis kepada Pemerintah Daerah Tanah Laut untuk bersama-sama membangun dan mengelola TWA Pelaihari Pantai Batakan. Wakil Bupati Tanah Laut menyambut baik dan sangat mengapresiasi tawaran kerja sama dari Balai KSDA Kalimantan Selatan.

Wakil Bupati Kabupaten Tanah Laut, Abdi Rahman berharap secepatnya TWA Pelaihari Pantai Batakan dapat segera berkembang kembali, ikon TWA Pelaihari Pantai Batakan sebagai destinasi wisata dapat terangkat kembali dan juga tidak kalah penting yaitu pendapatan ekonomi masyarakat sekitar TWA Pelaihari Pantai Batakan dapat meningkat. Pemerintah Kabupaten Tanah Laut juga akan menawarkan kepada parapihak untuk berinvestasi di TWA Pelaihari Pantai Batakan sebagai langkah percepatan dalam pembangunan infrastruktur. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Tanah Laut Ir.H. Akhmad Hairin, MP menambahkan bahwa selain wisata pantai dan panorama alam, juga terdapat destinasi wisata baru yaitu “The Bottom of Borneo” yaitu titik terendah di Pulau Kalimantan yang berada di sekitar TWA Batakan dan juga dapat dicapai melalui TWA Pelaihari Pantai Batakan. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini