Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu Launching Aplikasi SIMRELI

Kamis, 31 Januari 2019

Tambing, 31 Januari 2019. Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) akhirnya launching Aplikasi SIMRELI (Sistem Informasi Manajemen Lore Lindu). SIMRELI merupakan aplikasi berbasis web dan mobile yang dikembangkan khusus untuk membantu pengelolaan data konservasi BBTNLL. Sistem dan aplikasi ini membantu petugas BBTNLL dalam proses pengumpulan data aktivitas illegal, flora dan fauna, monitoring kondisi habitat dan acamannya serta informasi penting lainnya. SIMRELI ini dibiayai oleh dana hibah luar negeri (HLN) kerja sama Pemerintah Indonesia-Jerman melalui Forest Program III (KFW). 

Launching dilaksanakan di Pusat Informasi Destinasi Kalimpaa (Danau Tambing) TNLL (31/1). Launching SIMRELI dilaksanakan langsung oleh Thierry Kuehn (BMS) dan Jusman (Kababes TNLL) serta disaksikan oleh perwakilan KFW, GIZ, BAPPENAS dan Direktorat PIKA-Kemen LHK. Pada kesempatan ini Georg (GIZ) menyampaikan bahwa SIMRELI akan sangat membantu pengelolaan data konservasi di TNLL sebagaimana aplikasi-aplikasi sebelumnya seperti MIST (Management Information system) dan SMART (Spatial Monitoring and ReportingTools).             

Sebelum pelaksanaan launching di Tambing, dilakukan simulasi penggunaan SIMRELI oleh Rafiq (anggota Resort Kadidia) BBTNLL di Desa Karunia. Pada simulasi ini Rafiq memperagakan pengambilan data menggunakan SIMRELI dan juga memperlihatkan hasil/report data yang telah diambil. Rafiq juga menjelaskan beberapa kelebihan dan kemudahan menggunakan SIMRELI seperti dapat beroperasi dalam kondisi tanpa signal (offline) serta dapat langsung menghasilkan satu format pelaporan singkat dalam setiap kegiatan. 

Pada prosesnya, SIMRELI telah didesign semudah mungkin untuk dioperasikan dan  memberikan laporan secara langsung on-line reporting berdasarkan kondisi lapangan (Real Time) dalam bentuk digital sehingga data langsung tersimpan di Bank Data Lore Lindu. Data-data tersebut selanjutya dapat ditampilkan dalam bentuk laporan, peta, grafik ataupun tabulasi sehingga membantu manajemen pada proses pengambilan keputusan (Decision Supports System - DSS) secara efektif dan efisien.

 

Sumber : Balai Besar TN Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini