Presentasi Rencana Penelitian Mahasiswa Fahutan UGM di TN Gunung Merapi

Kamis, 31 Januari 2019

Yogyakarta, 31 Januari 2019. Taman Nasional selama ini digunakan sebagai laboratorium alam, sebagai obyek penelitian bagi mahasiswa baik untuk materi Praktek Lapangan, Magang, Skripsi maupun penelitian lanjutan Pascasarjana.  Demikian juga yang terjadi di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), sebagai laboratorium alam bagi mahasiswa/i di sekitarnya. 

Oleh karena itu, dalam rangka peningkatan kompetensi mahasiswa dalam hal pengelolaan areal konservasi, sebanyak 10 (sepuluh) mahasiswa Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, akan melaksanakan Praktek Konservasi Sumber Daya Hutan, 31 Januari s.d 3 Maret 2019.

Sebelum mendapatkan Surat Izin Memasuki Kawasan Konservasi (SIMAKSI), maka para pengaju izin diwajibkan mempresentasikan proposal rencana kegiatannya.  Dalam kesempatan ini, dilaksanakan presentasi proposal kegiatan oleh Lidya Octaviani Putri, dan kawan-kawan.

Kemudian agar memudahkan pelaksanaan rekan-rekan mahasiswa ini, maka dibagi ke dua kawasan, yaitu Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I dan Wilayah II, dengan beberapa sub tema yang berbeda.  Untuk SPTN I dilaksanakan di Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Srumbung dan RPTN Dukun.  Di SPTN I mereka mengkaji tentang wisata, jalur interpretasi, analisis stakeholder, strategi  pengelolaan konservasi, keragaman jenis burung serta erosi di tegakan kopi. Sedangkan SPTN II dilaksanakan di RPTN Kemalang, RPTN Musuk Cepogo, dan RPTN Selo.  Pengambilan sub tema untuk di wilayah SPTN II diantaranya efek penutupan jalur pendakian, keragaman jenis burung, obyek wisata Gobumi, pengarangan di Balerante, serta arahan solusi konflik Macaca fascicularis di Musuk Cepogo. 

Banyak masukan yang diberikan oleh para fungsional TNGM, yang juga bertugas di RPTN yang disebutkan di atas. Hal ini menjadi landasan pelaksanaan Praktek selama kurang lebih sebulan yang akan datang. (titinsept)

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini