Kunjungan Balai TN Meru Betiri ke Kawasan Konservasi TN Gunung Merapi

Kamis, 31 Januari 2019

Sleman, 30 Januari 2019. Belajar dapat dilaksanakan dimanapun, kapanpun dan dari siapapun, demikian juga antar maupun intern Taman Nasional.  Pada umumnya, pengelola Taman Nasional biasanya sharing pengalaman dengan pengelola Taman Nasional lainnya, juga dengan mitra kerja lainnya. 

Oleh karena itu, pada hari Rabu, 30 Januari 2019, Balai Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang dipimpin Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Ir. Khairun Nisa, berkunjung ke kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), demi ingin sharing pengalaman tentang demplot Anggrek, adopsi Anggrek yang diselenggarakan oleh TNGM selama ini, dengan harapan dapat diadopsi idenya, bahkan jika memungkinkan dapat dilaksanakan di TNMB di kemudian hari.

Rombongan TNMB diterima di kantor Balai TNGM, untuk mendapatkan presentasi gambaran umum kawasan TNGM serta program demplot dan adopsi Anggrek yang selama ini dilaksanakan.  Dalam kesempatan ini, rombongan diantar oleh 4 (empat) Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), yaitu Dhani Suryawan, Budi Utomo, Widya Kridaningsih serta Titin Septiana.

Selanjutnya, rombongan TNMB melihat langsung demplot Anggrek yang ada di halaman kantor Balai TNGM, dilanjutkan berkunjung ke Blok Turgo, desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, untuk melihat lokasi adopsi Anggrek.  Adopsi Anggrek dilaksanakan pada tahun 2015, yang berjalan selama 2 tahun dengan 22 adopter, selanjutnya pada tahun 2019 bertambah 6 jenis baru yang diadopsi.  Selain itu, rombongan juga dapat mengamati jenis Anggrek yang direlokasi sejak tahun 2012 hingga 2018 di kawasan tersebut. Sambil mengamati, dilakukan diskusi dan sharing antar pengelola adopsi Anggrek dengan rombongan TNMB.

Kemudian sebagai penutup rombongan TNMB juga berkunjung ke Kalikuning Park, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, untuk melihat kondisi destinasi wisata yang dikembangkan bersama dengan kelompok masyarakat sekitar kawasan.  Dalam kesempatan ini, juga didiskusikan cara pengelolaan kawasan Kalikuning Park, bersama dengan Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Cangkringan.

 

Sumber: Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini