Sinkronisasi Arahan, Kebijakan dan Pengelolaan, Balai Besar TN Lore Lindu Audiensi ke Bupati Poso

Kamis, 31 Januari 2019

Watutau, 18 Januari 2019. Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistem Taman Nasional Lore Lindu yang kawasannya antara lain berada di wilayah administrasi Kabupaten Poso, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) melakukan kegiatan audiensi Bupati Poso di Kantor Bupati Poso-Provinsi Sulawesi Tengah (17/1). Kegiatan audiensi ini bertujuan guna sinkronisasi arahan, kebijakan dan program pengelolaan BBTNLL dengan Pemerintah Kab. Poso.

Audiensi langsung dipimpin oleh Kepala BBTNLL , Ir. Jusman dan didampingi oleh Kepala BPTNW III Poso, Ir. Hasmuni Hasmar dan beberapa staf. Audiensi ini pun langsung diterima oleh Bupati Poso, Kol. Mar (Purn) Darmin A. Sigilipu didampingi Wakil Bupati, Ir. Samsuri, M.Si serta sejumlah Kepala OPD  terkait di ruang kerjanya. Hal pokok yang disampaikan oleh Kepala BBTNLL dalam audiensi ini menekankan bahwa BBTNLL mendukung pembangunan Kab. Poso untuk pembangunan wilayah Poso yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

Pembangunan strategis yang dimaksud saat ini telah dalam proses seperti peningkatan kapasitas jalan Doda-Lelio dan pembangunan menara komunikasi di Desa Sedoa, juga TNLL memiliki 3 fungsi (perlindungan, pengawetan, pemanfaatan) dan pemberdayaan masyarakat. Khusus akses pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan pengembangan wisata alam, ujar Jusman menambahkan.

Selanjutnya Bupati Poso juga menyampaikan beberapa hal kepada Kepala BBTNLL diantaranya bahwa di sekitar TNLL akan terbentuk Kabupaten Konservasi (Tampo Lore) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso mendukung pembentukan Kabupaten tersebut, lokasi-lokasi yang memiliki potensi wisata di TNLL yang masuk ke wilayah Kab. Poso perlu dikelola bersama antara BBTNLL dan Pemerintah Daerah Kab. Poso melalui mekanisme kerja sama. Pengelolaan bersama lokasi wisata ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah Kab. Poso dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Juga tidak lupa disampaikan mengenai pembangunan jalan dari Doda-Lelio masuk ke dalam kawasan TNLL yang akan menghemat waktu tempuh dan menghubungkan Kecamatan Lore Tengah dan Lore Barat. Selain itu Darmin A. Sigilipu mengungkapkan salah satu potensi wisata yang penting di Poso yang juga masuk dalam TNLL adalah megalith. Oleh karenanya perlu duduk bersama antara pihak-pihak terkait untuk merancang bersama pengembangan wisata di Poso, mengoptimalkan peran tenaga ahli atau konsultan di bidang wisata sangat penting serta pengembangan wisata harus didukung oleh infrastruktur, ujar Darmin menambahkan dalam suasana yang penuh keakraban.

Di akhir audiensi ini, BBTNLL sepakat untuk mendukung dan bekerjasama dalam rangka pembangunan Kab. Poso khususnya pembangunan strategis dan pengelolaan wiasata alam serta kedepannya BBTNLL akan diundang oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso pada Musrenbang Kabupaten Poso.

 

Sumber : Balai Besar TN Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini