Kemilau Asa dari Program Bantuan Itik TN Matalawa

Rabu, 30 Januari 2019

Waingapu, 30 Januari 2019. Bantuan 1500 ekor day old duck (DOD) yang diberikan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) kepada kelompok perempuan Sumba di Desa Padiratana pada bulan Agustus 2018, kini telah beranjak dewasa dan bertelur. Dengan jumlah telur sampai saat ini yang berjumlah 50 butir, para anggota Rambu Langgaliru, nama kelompok perempuan di Desa Padiratana, pun sangat senang karena dengan segala keterbatasan serta kondisi yang berbeda dalam pembiakan itik pada umumnya, mereka tetap mampu mengembangbiakkan hingga akhirnya itik-itik ini bertelur.

Perkembangan program bantuan itik ini sesuai dengan apa yang sudah direncanakan oleh Penyuluh Kehutanan TN Matalawa yang selama ini melakukan pendampingan. Para penyuluh telah mengingatkan kepada seluruh anggota kelompok untuk tetap bersabar dan mengikuti proses hingga akhirnya itik-itik ini bertelur. Namun, tugas para penyuluh ini belum selesai karena sasaran akhir dari program bantuan itik ini adalah penjualan telur asin, bahan makanan siap jual, serta penetasan untuk dikembangbiakkan lebih lanjut. Pendampingan akan terus dilakukan hingga akhirnya kelompok dapat secara mandiri mengembangbiakkan itik-itik yang ada.

Kepala Balai TN Matalawa, Maman Surahman, S.Hut, M.Si dalam pertemuannya dengan para anggota mengatakan bahwa para anggota kelompok tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara menjual hasil yang telah diperoleh karena Balai TN Matalawa telah menyiapkan kios di 3 Kabupaten di Pulau Sumba sebagai market place sendiri untuk penjualan hasil yang diperoleh kelompok. (dar/mtlw)

Sumber : Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini