Resort Based Management Ujung Tombak Kelola Kawasan Konservasi

Rabu, 30 Januari 2019

Banjarbaru, 29 Januari 2019 – Bertempat di Aula BKSDA Kalsel dilaksanakan Rapat Kerja dengan tema “Peran Serta Parapihak Mewujudkan Resort Base Management (RBM) Kuat”. Dihadiri seluruh eselon 4, kepala resort, koordinator urusan, seluruh PNS, dan PPNPN  lingkup BKSDA Kalsel.

Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Seruan Rimba, dilanjutkan sambutan ketua pelaksana oleh Suwandi, S.Hut, MA. Suwandi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat komitmen mendukung RBM dan menggali permasalahan yang dihadapi. Acara pokok disampaikan oleh Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc yang menjelaskan secara detail tentang maksud dan tujuan keberadaan RBM. RBM bukan sekedar tempat pengumpulan data, tapi juga menganalisis data, sebagai tempat komunikasi dengan masyarakat setempat, membangun mutual respect,  trust, dan benefits dengan parapihak.

Mahrus menegaskan, menjadi kepala resort itu sebagai pekerjaan yang mulia dan hanya orang yang terpilih saja yang bisa menjadi kepala resort. Meski keterbatasan dana dan sarana, kita harus optimis keberhasilan RBM yang didukung parapihak. Untuk menjadikan RBM kuat, maka 10 paradigma baru kelola konservasi harus jadi landasan bekerja. Mengutip arahan Dirjen KSDAE, Ir. Wiratno, M.Sc., bekerja di konservasi harus ikhlas, keras, dan tuntas.

Acara diakhiri dengan doa dan ucapan selamat kepada Kepala BKSDA Kalsel yang bertepatan dengan hari kelahiran. Saat acara ucapan selamat dihadiri oleh Kepala UPT lingkup KLHK di Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan. (jrz)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Selatan

 Resort Based Management Ujung Tombak Kelola Konservasi (02)

 Resort Based Management Ujung Tombak Kelola Konservasi (03)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini