Menilik Respon Masyarakat Melalui Call Center BKSDA Aceh di Tahun 2018

Senin, 28 Januari 2019

Banda Aceh, 28 Januari 2019Call Center BKSDA Aceh yang digagas awal tahun 2018 dengan tujuan media penyampaian laporan masyarakat untuk merespond Konflik Satwa dengan Manusia ; Kepemilikan/Perdagangan Satwa Liar Yang Dilindungi ; Kebakaran Hutan dan Lahan serta Tindak Pidana Pembalakan Liar dan Perambahan di Kawasan Konservasi Wilayah Kerja BKSDA Aceh. Selama tahun 2018 tercatat 55 (Lima Puluh Lima ) Laporan yang masuk melalui Call Center BKSDA Aceh dengan rincian 38 (Tiga Puluh Delapan) Laporan Masyarakat di Wilayah Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe dan 17 (Tujuh Belas) Laporan Masyarakat di Wilayah Seksi Konservasi Wilayah 2 Subulussalam. Dari data laporan yang masuk tersebut keseluruhannya masih didominasi Konflik Satwa Liar dengan Manusia, dan Kepemilikan Satwa Liar Yang Dilindungi.

Konflik Gajah Sumatera dengan Manusia menjadi jumlah laporan masuk tertinggi dengan 25 (Dua Puluh Lima) laporan yang masuk melalui Call Center  17  (Tujuh Belas) Laporan berasal dari Masyarakat di Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe dan 8 (Delapan) Laporan dari Masyarakat di Seksi Konservasi wilayah 2 Subulussalam. Selanjutnya diikuti Konflik Buaya Muara dengan Manusia dengan 7 (Tujuh) Laporan yang masuk 5 (Lima) Laporan dari Masyarakat di Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe dan 2 (Dua) Laporan dari Masyarakat di Seksi Konservasi Wilayah 2 Subulussalam. Untuk Konflik Harimau Sumatera dan Orangutan Sumatera dengan Manusia masing – masing 3 (Tiga) Laporan.

Dengan keberadaan Call Center BKSDA Aceh di Nomor Seluler 085362836024 diharapkan semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap konservasi sumber daya alam hayati yang ada di Provinsi Aceh dengan melaporkan adanya Konflik Satwa dengan Manusia di wilayahnya ; Kepemilikan/Perdagangan Satwa Liar Yang Dilindungi disekitarnya; Kebakaran Hutan dan Lahan serta Tindak Pidana Pembalakan Liar dan Perambahan di Kawasan Konservasi Wilayah Kerja BKSDA Aceh. 

Sumber : Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini