Selamat Jalan Hori dan Ayu

Minggu, 27 Januari 2019

Jambi, 27 Januari 2019. Seekor Singa (Phantera Leo) jantan benama Hori dan Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) betina bernama Ayu ditemukan mati didalam kandangnya di Taman Satwa Taman Rimbo. Singa jantan dengan bobot sekitar 150 kg dan umur 11 tahun dan Harimau betina dengan bobot sekitar 80 kg tersebut merupakan satwa pindahan. Hori berasal dari Taman Safari sedangkan Ayu merupakan peranakan harimau yang berasal dari Taman Satwa Ragunan. Singa jantan tersebut didiagnosa mengalami gagal jantung sedangkan Ayu didiagnosa terkena pneumonia atau radang paru-paru.

Sejak kedatangan Singa betina bernama Cinta dari Kebun Binatang di Pemantang Siantar, Hori sering berkelahi dengan singa betina Cinta dan mendapat luka. Perkelahian dipicu oleh proses alamiah yaitu saling mengalahkan dalam proses perkawinan. Pada tanggal 18 Desember 2019, dilakukan operasi pada luka di pelipis mata dan pada kening sebelah kiri. Operasi dilakukan untuk menutup luka yang ada dan melakukan perawatan insentif pada Hori dengan memberikan antibiotik, anti inflamasi, dan vitamin. Setelah dilakukan operasi terhadp Hori, Hori terlihat tidak stabil nafsu makannya. Hori dinyatakan mati pada 19 Januari pukul 23.30 WIB.

Sedangkan untuk kematian Ayu menurut penuturan dari petugas Taman Satwa, pada tanggal 16 Januari Ayu mengalami muntah tetapi masih cukup aktif bergerak. Pada keesokan harinya Ayu tidak mau makan dankondisi terlihat lemas. Pada tanggal 18 Januari petugas mengambil sampel darah Ayu untuk dilakukan uji laboratium. Pada tanggal 21 Januari hasil uji laboratium Dinas Peternakan, Tanaman dan Holtikultural Provinsi Jambi menyatakan bahwa trombosit, hemoglobin, dan leukosit Ayu dalam keadaan normal dan hasil uji laboratorium dari Laboratorium Sriwijaya mengindikasikan Ayu terkena Pneumonia. Petugas melakukan tindakan dengan menginfus dan memberikan antibiotik dan vitamin pada Ayu. Namun sayangnya pada tanggal 26 Januari nyawa Ayu tidak tertolong lagi.

Setidaknya 29 wartawan dari berbagai media cetak dan eletronik lokal maupun nasional mengikuti pers rilis yang dilakukan terkait kematian Hori. Kepala Balai KSDA Jambi, Rahmad Saleh mengungkapkan, “Singa jantan dan Harimau Sumatera betina yang berada Taman Satwa Taman Rimbo dinyatakan mati pada tanggal 19 dan 26 Januari, Singa jantan kemungkinan terkena serangan jantung sedangkan Harimau terkena pneumonia atau radang paru-paru. Bangkai Hori sudah dikubur dan untuk bangkai Ayu kami musnahkan dengan cara dibakar.”

Sumber : Balai Konservasi Sumberdaya Alam Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini