Cuaca Buruk di Taman Nasional Matalawa

Senin, 28 Januari 2019

Waingapu, 25 Januari 2019. Siaran pers Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) tanggal 22 Januari 2019 tentang Potensi Bencana Hidrometeorologi pada tanggal 23 -30 Januari pada beberapa wilayah termasuk Provinisi Nusa Tenggara Timur (NTT), ternyata benar terjadi di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa). Curah hujan yang tinggi dan badai angin menumbangkan beberapa pohon serta menimbulkan longsor pada beberapa titik didalam kawasan.

Jalur birdwatching Tanah Daru dan Langgaliru merupakan kawasan yang cukup parah dilanda pohon tumbang dan longsor. Antrian kendaraan mengular dan tertahan selama 1 jam selama proses penebangan pohon yang menutup akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Timur ini. Tidak hanya itu, objek wisata alam Air Terjun Lapopu pun terpaksa dilakukan penutupan guna keselamatan dan keamanan pengunjung.

Kepala Balai TN Matalawa, Maman Surahman, S.Hut, M.Si, menyampaikan bahwa penutupan objek wisata ini akan diberlakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan hingga cuaca membaik serta dilakukannya perbaikan sarana jembatan pada objek tersebut. Menanggapi banyaknya pohon tumbang didalam kawasan, Maman mengatakan, ‘Apresiasi tinggi perlu diberikan kepada para petugas yang bertugas di lapangan dalam membantu masyarakat untuk membersihkan akses jalan. Para petugas harus standby hingga cuaca membaik serta waspada dan tetap mengutamakan keselamatan diri saat bertugas.

 

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini