BBKSDA NTT Turut Deklarasi Gerakan Masyarakat Kota Ruteng Peduli Sampah

Jumat, 25 Januari 2019

Kupang, 25 Januari 2019. Pada tanggal 25 Januari 2019 Balai Besar KSDA NTT melalui Bidang KSDA Wilayah II turut berpartisipasi dalam “Deklarasi Gerakan Masyarakat Kota Ruteng Peduli Sampah” yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Manggarai dengan melibatkan para Stakeholder. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk perwujudan dari Misi Kabupaten Manggarai ke-4 yaitu “Mewujudkan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang berwawasan Ekosistem dan Berbasis Tata Ruang”.

Adapun isi dari “DEKLARASI GERAKAN MASYARAKAT KOTA RUTENG PEDULI SAMPAH” yaitu : (1) Berkomitmen penuh memerangi sampah yang ada di Kota Ruteng; (2) Berkomitmen penuh menjadikan Kota Ruteng sebagai rumah bersama yang bersih dan asri; (3) Berkomitmen menyediakan tempat penampungan sampah di mulai dari rumah tangga, tempat usaha, instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dan rumah ibadah; (4) Mendorong semua elemen masyarakat untuk bergerak bersama dalam mengatasi masalah sampah; (5) Mendukung penegakan hukum terhadap Peraturan Daerah No.2 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah.

Pasca deklarasi dilakukan pemungutan sampah di kota Ruteng yang dilakukan serentak oleh para ASN baik pusat maupun daerah, anggota TNI dan Polri, BUMN/BUMD, LSM setempat, dan mahasiswa/i, serta siswa/i se Kota Ruteng.

Akhir-akhir ini permasalahan sampah telah menjadi perhatian berbagai pihak. Kementerian LHK telah mengeluarkan semboyan “Kendalikan Sampah Plastik” untuk mengatasi konsumsi plastik yang berlebihan. Berdasarkan program Adipura periode 2017-2018 dari Kementerian LHK, Kota Ruteng dinobatkan menjadi salah satu kota kecil terkotor di Indonesia. Berdekatan dengan kota ini juga terdapat kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai Besar KSDA NTT, yakni Taman Wisata Alam (TWA) Ruteng. Partisipasi Bidang KSDA Wilayah II Ruteng dalam acara ini menunjukkan komitmen Balai Besar KSDA NTT untuk bekerjasama dan bahu membahu membantu Pemerintah Daerah Manggarai dalam memerangi sampah. Dengan indah dan cantiknya Kota Ruteng akan menjadi magnet/daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Kota Ruteng yang juga dapat berkontribusi terhadap kunjungan di TWA Ruteng.

 

Sumber: BBKSDA Nusa Tenggara Timur (Juna Mardani)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini